Categories

Misc

Menjalankan Aplikasi-Aplikasi Android dari Desktop dengan BlueStacks

Iqbal Farabi - 13 February 2013

Jika Anda seorang pengguna sistem operasi Android, kemungkinan besar Anda menggunakan beberapa aplikasi instant messenger seperti WhatsApp atau KakaoTalk. Sebagai pengguna aplikasi-aplikasi instant messenger tersebut, kadangkala ketika sedang bekerja dengan laptop, saya menginginkan untuk bisa menjawab pesan-pesan di WhatsApp melalui laptop saya langsung. Jika Anda pernah berharap hal yang sama, Bluestacks barangkali bisa menjadi alternatif solusi bagi anda.

Bluestacks adalah sebuah aplikasi virtualisasi yang memungkinkan untuk menjalankan aplikasi dari sebuah sistem operasi di atas sistem operasi lainnya. Saya sendiri kemudian mencoba langsung menggunakan aplikasi BlueStacks. Dari ujicoba tersebut, saya dapati bahwa Bluestacks saat ini bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dari Google Play dan Amazon App Store di atas sistem operasi Windows 7.

Selain itu, BlueStacks mengklaim bahwa saat ini sudah tersedia sekitar 750.000 aplikasi mobile yang bisa dijalankan melalui sistem virtualisasinya di atas sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan bahkan Mac OS. Ditambah lagi, baru-baru ini BlueStacks mengumumkan support terhadap sistem operasi Windows 8. Artinya, BlueStacks sudah dioptimasi untuk bisa berjalan di tablet-tablet Surface Pro yang juga baru-baru ini diluncurkan oleh Microsoft.

Dari ujicoba tadi juga saya dapati bahwa BlueStacks memang bisa digunakan untuk mengoperasikan beberapa aplikasi instant messenger, diantaranya WhatsApp dan Kakao Talk. Hanya saja, ternyata memang aplikasi WhatsApp di BlueStacks tidak bisa berfungsi sebagai klon dari WhatsApp yang digunakan pada ponsel. Alasannya tentu saja karena untuk menggunakan aplikasi WhatsApp hanya bisa menggunakan satu nomor telepon pada satu perangkat. Rupanya instalasi WhatsApp pada BlueStacks dihitung sebagai perangkat tersendiri.

Meskipun demikian, saya berhasil mengirimkan pesan melalui WhatsApp pada BlueStacks ini ke beberapa nomor lain. Gambar berikut merupakan ilustrasi ujicoba dengan salah satu nomor telepon yang tidak terpakai di smartphone ke nomor yang saya gunakan di smartphone.

Meskipun saya tidak bisa melihat penggunaan praktis sehari-hari selain contoh eksperimental dengan WhatsApp tadi, nampaknya BlueStacks sendiri berhasil menjalin kerjasama dengan beberapa produsen laptop seperti Asus dan Lenovo, berdasarkan informasi dari CNET. Jika Anda tertarik untuk mencoba menjalankan aplikasi-aplikasi Android dari desktop, Anda bisa mengunduh aplikasi BlueStacks dari situs resminya di tautan berikut.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter