Categories

Gadget

Bluetooth 5 Janjikan Peningkatan Kecepatan, Jarak dan Kapasitas Transfer yang Signifikan

Akan muncul bersama perangkat baru mulai akhir 2016 dan awal 2017

Glenn Kaonang - 17 June 2016

Sekitar enam tahun sejak Bluetooth 4.0 diperkenalkan oleh Bluetooth Special Interest Group (SIG) dan setelah melewati versi 4.1 serta 4.2, kini teknologi konektivitas nirkabel tersebut sudah siap naik pangkat menjadi Bluetooth 5. Diumumkan langsung oleh Bluetooth SIG, versi kelima ini menjanjikan peningkatan yang signifikan di hampir segala aspek.

Utamanya adalah kecepatan transfer data yang meningkat dua kali lipat, jarak maksimum empat kali lebih jauh dan peningkatan kapasitas transfer data sebesar 800 persen dibanding versi sebelumnya. Sesuai dugaan, tentu saja Bluetooth 5 masih menjanjikan konsumsi daya yang sangat irit.

Tidak cuma itu, Bluetooth 5 juga sanggup meneruskan jenis informasi yang lebih bervariasi ketimbang pendahulunya. Hal ini penting mengingat jumlah perangkat smart home atau Internet of Things (IoT) semakin meningkat setiap harinya, dan konsumen pun perlahan kian tertarik untuk mengadopsi perangkat IoT.

Seperti yang kita tahu, mayoritas perangkat IoT saat ini sangat mengandalkan Bluetooth serta aplikasi pendamping di smartphone. Dengan Bluetooth 5 dan segala pembaruannya, pengguna akan lebih jarang mengunduh aplikasi hanya untuk menyambungkan perangkat IoT atau smart home.

Lalu kapan pastinya perangkat berteknologi Bluetooth 5 mulai muncul ke pasaran? Akhir 2016 atau awal 2017, menurut pengakuan Bluetooth SIG. Mengingat sejauh ini sudah ada sekitar 30.000 perusahaan yang tergabung sebagai mitra Bluetooth SIG, Bluetooth 5 pasti akan merambah banyak kategori perangkat, mulai dari smartphone, tablet, smartwatch, speaker, headphone, bohlam pintar sampai action cam sekalipun.

Sumber: Pocket-lint dan Bluetooth SIG. Gambar header: Tsvetomir Tsonev - Flickr.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter