Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) baru-baru ini meresmikan kehadiran aplikasi mobile “Informasi Cuaca Indonesia” untuk ponsel pintar Android. Diharapkan kehadiran aplikasi Informasi Cuaca Indonesia ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat terhadap informasi cuaca dari BMKG secara mudah.

“Saat ini BMKG melengkapi [akses informasi] dengan aplikasi yang bisa diunduh secara gratis melalui perangkat berbasis Android dengan nama Informasi Cuaca Indonesia,” ujar Kepala Subbagian Hubungan Pers dan Media BMKG Taufan Maulana dilansir dari Liputan 6.

Secara fungsi, aplikasi ini tak jauh berbeda dengan aplikasi ramalan cuaca lain yang sudah beredar luas dan dapat diperoleh dengan mudah melalui toko-toko aplikasi populer. Informasi tampil pun cukup rinci, mulai dari prakiraan cuaca hingga informasi kecepatan angin.

Namun menurut BMKG, aplikasi informasi cuaca miliknya dapat memberikan peringatan dini cuaca. Informasi peringatan dini tersebut skalanya pun tak hanya sebatas provinsi, tapi juga hingga tingkat kecamatan.

Secara tampilan, aplikasi yang diluncurkan oleh BMKG ini sebenarnya bisa dibilang cukup bagus. Tidak ada banyak hambatan atau bugs juga yang ditemui ketika dicoba. Satu-satunya ketidaknyamanan yang ditemui adalah sulitnya menutup peramban dalam aplikasi yang ditujukan untuk membuka halaman BMKG.

Aplikasi BMKG

Nilai lebih lain dari aplikasi ini adalah basis data kota yang informasi cuacanya ingin diakses. Dengan terintegrasinya aplikasi dengan server BMKG, wajar bila basis data kota yang dapat dicari bisa jauh lebih banyak dan lengkap jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis dari luar.

Namun satu hal yang cukup disayangkan adalah belum tersedianya widget untuk aplikasi Informasi Cuaca Indonesia ini. Padahal dengan ketersediaan widget, cara untuk mengakses informasi cuaca bisa jadi jauh lebih mudah bila dibandingkan harus membuka aplikasi terlebih dahulu. Toh kebanyakan dari aplikasi sejenis juga menyediakan itu dan saya rasa mengubah kebiasaan tanpa memberi sesuatu yang inovatif bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan.

Taufan berharap aplikasi ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat luas terhadap informasi BMKG di bidang cuaca secara sederhana, mudah, real-time, terpercaya, dan akurat. Ke depannya BMKG juga berencana untuk melengkapi aplikasi dengan menambah ketersediaan informasi iklim dan gempa.

Aplikasi Informasi Cuaca Indonesia dari BMKG ini baru tersedia untuk perangkat Android dengan sistem operasi 4.0 ke atas dan dapat diunduh melalui Google Play.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.