BMW kembali memamerkan konsep motor futuristis, tapi kali ini yang terkesan lebih masuk akal dan lebih mudah direalisasikan ketimbang gagasan mereka tahun lalu, yaitu Motorrad Vision Next 100. Pun demikian, kendaraan bernama Motorrad Concept Link ini masih mengambil banyak inspirasi dari Next 100 yang berkemampuan self-balancing itu.

Wujudnya di sini lebih menyerupai skuter ketimbang motor bertampang macho. BMW sendiri menganggap Link sebagai representasi atas visi mereka terhadap solusi mobilitas urban beroda dua dan tanpa emisi karbon. Yup, kendaraan ini mengandalkan energi listrik murni sebagai ‘bahan bakarnya’.

BMW Motorrad Concept Link

Bodinya yang memanjang sebenarnya bisa menjadi indikasi bahwa ia merupakan kendaraan elektrik, sebab semua baterainya telah ditata rapi di bagian dasarnya. Desain serba datar ini terus berlanjut sampai ke bagian jok, yang entah kenapa terlihat lebih keren ketimbang jok yang melekuk-lekuk.

Lalu di mana letak teknologi canggih yang belum bisa terealisasikan, setidaknya untuk sekarang? Coba lirik sisi samping kanannya, di situ ada sebuah bagasi kecil dengan pintu geser. BMW membayangkan bahwa bagasi ini bisa dibuka dengan kontrol berbasis gesture pada jaket terkoneksi di masa depan.

BMW Motorrad Concept Link

Kemudian fitur lain yang masih terkesan lebih masuk akal adalah panel instrumen digital di bawah setang, yang bisa digunakan untuk mengontrol beragam fungsi lewat sejumlah tombol yang bisa diprogram pada bagian setang. Informasi yang biasa kita temui di speedometer sendiri akan diproyeksikan ke kaca kecil atas setang.

BMW tidak lupa menyoroti aspek konektivitas. Mereka bilang kalau Concept Link dapat mengakses informasi kalender pengguna dan mengetahui tujuan berikutnya, sehingga ia dapat merencanakan rute perjalanan dengan sendirinya selagi memilih musik yang ideal untuk menemani perjalanan Anda tersebut.

Sumber: BMW.