Sebagai ajang teknologi paling bergengsi di Bumi, dalam beberapa tahun ke belakang ini, ada tren baru muncul di Consumer Electonics Show. Perusahaan-perusahaan pencipta kendaraan ternama semakin sering memanfaatkannya jadi versi kecil pameran otomotif dengan menyingkap beragam teknologi futuristis di sana. Dan kehadiran mereka di CES 2017 mungkin bahkan lebih kentara lagi.

BWM adalah salah satu brand yang rencananya akan kembali memeriahkan CES di Las Vegas bulan depan. Di minggu ini, Bayerische Motoren Werke AG mengungkapkan agenda untuk mendemonstrasikan HoloActive Touch, yaitu sebuah sistem interface buat pengemudi yang didesain secara virtual layaknya hologram. Kreasi baru BMW tersebut merupakan lompatan selanjutnya dari sistem kendali gesture mereka, disingkap tahun lalu.

Premis dari BMW HoloActive Touch boleh dibilang seunik imajinasi kita mengenai hologram. Sistem tersebut menampilkan menu dan segala informasi di mobil secara melayang di udara, dan kita dapat berinteraksi dengannya langsung menggunakan jari. Hebatnya lagi, BMW juga bilang HoloActive Touch bisa menyuguhkan sensasi tactile tanpa melibatkan kontak fisik.

BMW menjelaskan bahwa HoloActive Touch adalah perpaduan antara Head-Up Display, kontrol berbasis gesture, dan pengoperasian touchscreen tradisional, plus sejumlah fitur baru.’Hologram’ tersebut dirancang agar penyajiannya intuitif dan familier buat pengemudi mobil BMW, serta tetap jelas terlihat seperti apapun kondisi ruang di sekitarnya. Via HoloActive Touch, Anda juga bisa mengakses segala jenis layanan yang ada di BMW Connected.

Layaknya sistem HUD, gambar-gambar yang muncul di HoloActive Touch dihasilkan lewat pantulan, namun teknologi BMW memungkinnya diproyeksikan ke interior mobil dan bukan ke kaca depan. Sistem ini menampilkan control pad di samping kemudi, diposisikan setinggi console tengah, dan gerakan tangan Anda sendiri akan dilacak oleh sebuah kamera. Saat ujung jari menyentuh permukaan virtual, gelombang akan dipancarkan dan fungsi tersebut segera aktif.

Tanpa demonstrasi langsung, memang sulit membayangkan seperti apa HoloActive Touch sebetulnya bekerja, apakah teknologi ini betul-betul secanggih yang BMW janjikan, serta apakah ia akan jadi solusi efektif bagi pengendara untuk mengakses fitur-fitur mobil. BMW juga belum menginformasikan di kendaraan tipe apa saja HoloActive Touch diimplementasikan.

HoloActive Touch ialah bagian dari studi BMW i Inside Future, dapat dijajal langsung oleh para pengunjung Consumer Electronics Show 2017 di Las Vegas pada tanggal 5 sampai 8 Januari nanti.

Sumber: Blog BMW.