Categories

Gadget

B&O Play Beolit 15, Speaker Bluetooth Mewah Berwujud Kotak Makan Siang

Glenn Kaonang - 23 February 2015

Fungsi speaker memang hanya untuk mereproduksi suara, namun sebagian orang terkadang juga menganggapnya sebagai dekorasi rumah. Bagi orang-orang ini, unit speaker haruslah tampak manis di mata – tidak peduli seberapa besar atau kecil ukurannya – selagi melantunkan musik dengan merdu.

Pabrikan audio asal Denmark, Bang & Olufsen, sudah lama dikenal akan produk-produknya yang memiliki keseimbangan apik antara desain dan kualitas suara. Divisi perangkat audio portabelnya, B&O Play, baru saja merilis Beolit 15, sebuah speaker Bluetooth dengan desain yang simpel nan tampak mewah di saat yang sama.

Desain memang merupakan sebuah aspek yang subjektif. Akan tetapi saya yakin semua orang yang melihat wujud Beolit 15 akan teringat dengan kotak makan siang. Pun demikian, aura mewahnya masih terasa berkat pemakaian material-material yang premium di sekujur tubuhnya.

Info menarik: Bang & Olufsen 3D Advanced Sound System Tersedia Secara Eksklusif untuk Audi Q7

Handle milik Beolit 15 terbuat dari kulit asli dan diposisikan dengan pas untuk menjaga keseimbangan speaker saat sedang dijinjing. Bagian atasnya memiliki permukaan karet anti selip sehingga pengguna bisa meletakkan smartphone di atasnya tanpa khawatir smartphone mereka akan terlempar saat bass-nya tengah berdentum kencang.

Desain serba aluminium milik Beolit 15 ini sebenarnya bukan pertama kalinya diterapkan. Jika Anda merasa pernah melihatnya, hal itu dikarenakan ia merupakan penerus Beolit 12 yang memiliki wujud serupa.

Lebih lanjut, desain ini sejatinya tidak dirancang hanya sebagai pemanis mata saja, tetapi juga berjasa atas reproduksi suara ke segala arah, alias 360 derajat. B&O Play memanfaatkan desain inovatif ini beserta penempatan komponen yang berkualitas untuk menghasilkan suara yang diklaim mampu mengisi ruangan yang cukup besar.

Di dalamnya telah tersimpan 4 active driver dan 2 passive bass radiator. Semuanya memperoleh tenaga dari sepasang Class D amplifier yang mampu menggelontorkan total daya sebesar 240 watt. Kombinasi ini diklaim mampu mereproduksi suara dengan jernih dan dengan volume yang cukup keras.

Info menarik: BeoPlay H8, Headphone Nirkabel Premium dari Bang & Olufsen

Dari segi konektivitas, Beolit 15 menggunakan Bluetooth 4.0 aptX untuk menyambung ke perangkat mobile dari berbagai platform. Pengguna dapat menyambungkan dua perangkat sekaligus sehingga mereka dapat bergantian memutar playlist masing-masing pada pesta rumahan.

Beolit 15 menggunakan baterai lithium-ion berdaya 18 Wh. Dalam satu kali charge hingga penuh, ia diklaim bisa memutar lagu hingga 24 jam. Pengguna kemudian bisa mengisi ulang baterainya menggunakan charger yang tersimpan rapi di dalam tubuh Beolit 15 sendiri.

B&O Play Beolit 15 hadir dalam tiga variasi warna – Natural Champagne, Shaded Rosa dan Polar Blue – dan dijual seharga $599, atau sekitar Rp 7,7 juta. Meski terkesan mahal, nyatanya ia masih lebih murah ketimbang pendahulunya, Beolit 12, yang dibanderol seharga $799.

Via: The Verge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter