Categories

Gadget

Bocoran Gambar Perlihatkan Wujud Versi Konsumen HTC Vive dan Unit Controller?

Desainnya jauh lebih mulus, namun pertanyaannya: apakah ini penampilan dari versi retail atau development kit 2?

Yoga Wisesa - 21 December 2015

Sayang sekali HTC dan Valve terpaksa menunda peluncuran head-mounted display Vive dari 2015 ke tahun 2016. Jika tidak, ia akan mengungguli Oculus Rift dalam hal ketersediaan, apalagi banyak developer serta tester mengakui sejumlah kecanggihan Vive dibanding rival besarnya itu. Wujud development kit Vive memang sudah diperlihatkan, tapi bagaimana dengan versi konsumennya?

Sekali lagi kita harus berterimakasih pada para pengguna Reddit. Para user di sana saling sharing dua buah gambar yang memperlihatkan revisi rancangan HTC Vive. Mereka ‘memungutnya’ dari kebocoran di website HTC sebelumnya. Gambar-gambar tersebut menunjukkan foto headset serta sepasang unit controller. Melihat lebih detail, ilustrasi boleh jadi dimaksudkan sebagai bagian dari profile produk atau iklan.

User bernama Heaney555 bilang bahwa foto kemungkinan merupakan versi development kit 2 (varian developer generasi pertama sudah didistribusikan berbulan-bulan silam) atau malah penampakan unit retail. Bentuknya tidak banyak berbeda dibanding tipe terdahulu, masih ada lingkaran-lingkaran cekung berisi tracker mememuhi bagian luar head-mounted display, tapi HTC membuatnya tidak lagi terlalu menonjol.

Ketika unit DK1 memiliki dua kamera di depan, model baru ini cuma mengusung sebuah kamera. HTC juga menurunkan posisinya. Tak ada lagi kabel mencuat dari strap atas ke display. Logo HTC turut dihilangkan, dan dimunculkan di pangkal strap. Meskipun foto hanya menunjukkan Vive dari sisi depan saja, saya melihat tampaknya headband telah dilengkapi lapisan bantalan supaya lebih nyaman dikenakan.

Beralih ke controller, unit ini jauh lebih representatif dan matang ketimbang tipe purwarupanya. Dahulu, periferal terdiri dari gagang dan pelat sensor berbentuk segi enam. Sekarang desainnya jauh lebih ergonomis, mengikuti kontur tangan. Bagian pelatnya melingkar (posisi sensor ditandai dengan lingkaran-lingkaran kecil), terdapat tombol trigger di balik pad, ditambah sepasang tombol di sisi atas, dan satu tombol lagi di samping.

Engadget juga melaporkan bahwa HTC dan Valve mengumumkan mereka baru saja membuat sebuah terobosan besar dalam sistem virtual reality. Begitu signifikannya, kedua perusahaan memutuskan untuk mengambil lebih banyak waktu buat menyempurnakan sistem tersebut meskipun memberi dampak pada dimundurkannya jadwal rilis dari agenda awal.

CEO Cher Wang tidak menjelaskan lebih rinci seperti apa terobosannya, namun inovasi tersebut kabarnya akan dipamerkan di ajang Consumer Electronics Show 2016.

Via PC Gamer. Sumber: duasub-Reddit.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter