26 November 2013

by Bambang Winarso

Bocoran Nokia Normandy Beredar, Inikah Penerus Asha?

Meskipun mempunyai ruang gerak yang sempit di tengah-tengah dominasi Samsung dan Apple, belum lagi sejumlah brand yang juga menggunakan platform Android, Nokia tak begitu saja goyah, mereka jelas punya basis penggemar di seluruh penjuru dunia.

Salah satu bukti ketangguhan mereka menghadapi persaingan adalah dengan terus melahirkan produk-produk terbaru baik menggunakan model Lumia atau Asha.

Dan baru-baru ini Evleaks men-tweet sebuah gambar yang dipercaya sebagai model terbaru Nokia bernama Normandy. Di headline-nya, Eveleaks menuliskan "A real Asha. Or Lumia? The Nokia Normandy" yang seolah-olah sengaja melempar bola liar, agar spekulasi Nokia Normandy menjadi menarik.

 

Nama "Nokia Normandy" mungkin saja berubah saat benar-benar dirilis nanti, namun yang menarik saat ini adalah spekulasi bahwa perangkat ini lebih condong ke lini model Nokia Asha, atau justru ke Lumia.

Jika gambar yang dirilis oleh Evleaks dilihat dengan lebih jeli, perangkat ini justru lebih mirip dengan Nokia Lumia 520 namun dengan bodi yang lebih kecil. Hanya saja tombol kamera di perangkat ini ditiadakan, sehingga indikasinya lebih cenderung ke model Asha.

Jadi, dari sisi desain Nokia Normandy bisa jadi merupakan salah satu model penerus Nokia Lumia dan bukan tidak mungkin akan mengemban misi sebagai perangkat yang menyandang predikat sebagai ponsel terjangkau dan punya spesifikasi yang relatif lebih 'rendah', spekulasi paling berani bisa saja dibanderol di bawah $100. Namun dari sisi fitur, justru lebih bercirikan model Nokia Asha, termasuk tombol home button.

Kemudian yang jadi pertanyaan berikutnya tentu saja sistem operasi yang akan digunakan, atau mungkinkah perangkat ini menjadi pelengkap dari perangkat Nokia yang kini hadir di pasaran? Tak banyak yang bisa digali dari bocoran ini, apalagi spesifikasinya, tapi jangan berkesimpulan dahulu, sebab cepat atau lambat bocoran ini pasti akan menunjukkan titik terang. So, tetap update informasi Anda hanya di Trenologi.

Sumber berita Ubergizmo.