Categories

Gadget

Bola Basket Pintar Ini Bisa Menghitung Persentase Tembakan Anda

Glenn Kaonang - 23 September 2015

Sama seperti cabang olahraga populer lainnya, basket dipenuhi dengan statistik; berapa kali percobaan shoot, berapa yang masuk, berapa jumlah blok, rebound, dan lain sebagainya. Statistik ini sendiri berfungsi untuk mengevaluasi sematang apa performa Anda ketika berada di lapangan.

Di NBA, statistik ini didapat dari perpaduan kamera dan software canggih yang akan memonitor setiap gerakan pemain di lapangan. Akses ke teknologi ini tentu saja tidak sembarangan, dan tampaknya mustahil bagi lapangan basket di komplek rumah Anda untuk menerima upgrade semacam itu.

Namun Anda tetap ingin mengevaluasi performa Anda, bagaimanapun caranya. Untuk itu, Anda memerlukan sebuah bola basket istimewa bernama Wilson X. Sepintas tidak ada yang berbeda dari Wilson X, baik ukuran maupun material yang membalutnya. Satu-satunya bagian yang paling menyita perhatian dari Wilson X adalah tulisan “Connected Basketball”.

Ya, bola basket ini bisa dihubungkan ke smartphonevia Bluetooth. Fungsinya? Meneruskan statistik terkait performa tembakan Anda di lapangan menuju aplikasi pendampingnya. Wilson X mengemas sensor berukuran mungil yang dapat mengenali setiap tembakan Anda, membantu Anda menghitung persentase tembakan Anda – berapa jumlah tembakan yang masuk dari berapa percobaan.

Bluetooth? Apa berarti Wilson X perlu di-charge setiap beberapa saat? Tidak, karena kalau benar seperti itu saya yakin tidak akan ada yang mau membelinya. Wilson mengklaim baterai milik bola basket pintarnya bisa bertahan hingga 100.000 tembakan, atau sekitar 300 tembakan per hari selama setahun penuh.

Info menarik: Benar-Benar Wearable, Inilah Kaos Berkemampuan Fitness Tracking dari Ralph Lauren

Aplikasi pendamping Wilson X sendiri punya 4 mode yang menarik: 1) Free Range akan menghitung setiap tembakan Anda dari titik manapun, 2) Free Throw, 3) Buzzer Beater, semacam time attack dimana Anda harus mencetak poin dalam detik-detik terakhir untuk memperpanjang waktu, dan 4) Game Time, simulasi pertandingan basket bersama musuh virtual.

Mode yang terakhir ini menarik, karena aplikasi Wilson X akan memberikan komentar maupun suara teriakan penonton untuk memberikan kesan bahwa Anda sedang benar-benar bertanding di lapangan. Pada akhirnya, Anda bisa membagikan data evaluasi yang terkumpul ke sesama anggota tim maupun pelatih Anda untuk ditinjau lebih lanjut.

Wilson X saat ini sudah dipasarkan seharga $200 dalam dua ukuran: ukuran standar 29,5 inci dan 28,5 inci.

Sumber: Wareable.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter