1. DScovery

Bonds : Definisi dan Jenis-Jenisnya

Setiap individu yang ingin melakukan kegiatan investasi harus mengetahui setiap jenis investasi yang saat ini ada. Nah, obligasi atau bonds adalah salah satu jenis investasi.

Obligasi diterbitkan kepada investor sebagai kontrak keuangan. Di dalamnya, perusahaan berjanji untuk membayar pokok dan bunga kepada setiap pemegang obligasi pada tanggal yang ditentukan. Beberapa jenis obligasi tidak harus membayar bunga dan hanya membayar kepada investor sejumlah pokoknya saja.

Pengertian Bonds

Obligasi atau bonds adalah salah satu surat berharga yang diterbitkan oleh suatu perusahaan atau organisasi, biasanya dalam waktu satu tahun. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan uang sehingga kamu dapat meningkatkan modal dengan meminjam.

Jenis-Jenis Bond

Terdapat beberapa jenis bonds yang umumnya ditawarkan oleh organisasi ataupun perusahaan. Nah, beberapa jenis bonds adalah sebagai berikut:

Zero Coupon Bond & Coupon Bonds

Zero coupon bonds adalah obligasi yang tidak membayar bunga. Seperti namanya, obligasi ini adalah surat utang di mana perusahaan tidak membayar bunga tetapi ditukar dengan diskon yang signifikan. Pada saat jatuh tempo, obligasi ini menguntungkan jika ditebus sepenuhnya.

Coupon bond, di sisi lain, biasanya bunga yang dibayarkan kepada pemegang obligasi atau investor selama periode tahunan satu tahun atau lebih.

Perusahaan yang menerbitkan obligasi jenis ini tidak menyimpan data pemegang obligasi. Nama pemilik surat tidak tercatat dalam dokumen apapun. Oleh karena itu, setiap pemegang obligasi menerima kupon pada periode antara penerbitan obligasi dan jatuh tempo.

Perlu kamu ketahui bahwa ada obligasi yang awalnya diterbitkan tanpa bunga. Namun, ada beberapa yang bunganya ditarik sebelum waktunya oleh lembaga keuangan. Oleh karena itu, jenis ini dapat dikonversi menjadi obligasi tanpa bunga.

Convertible and Callable Bonds

Obligasi konversi adalah jenis obligasi yang dapat memberikan pendapatan tetap kepada investor. Pembayaran dikenakan bunga dan bisa ditentukan sebelumnya, dikonversi menjadi saham biasa atau saham biasa.

Konversi dapat dilakukan selama jangka waktu obligasi. Sebagai aturan umum, konversi adalah pada kebijaksanaan pemegang obligasi. Harga obligasi konversi ini tergantung pada perubahan harga saham, suku bunga dan kelayakan kredit dari penerbit obligasi.

Kemudian obligasi opsi beli di sisi lain, adalah jenis obligasi yang dapat dibeli atau ditebus oleh penerbit sebelum jatuh tempo. Obligasi jenis ini memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk melakukan pelunasan lebih awal.

Investor nantinya mendapatkan keuntungan berupa kupon yang lebih besar dan suku bunga yang menarik.

Registered and Bearer Bonds

Registered bonds adalah jenis obligasi yang diterbitkan dan didaftarkan atas nama investor atau pemilik. Oleh karena itu, emiten memiliki data tentang pemilik obligasi, seperti nama, alamat, dan berbagai informasi lainnya.

Hal ini memungkinkan emiten untuk menyelesaikan kewajibannya kepada pihak yang tepat. Sertifikat ini dapat ditandatangani secara manual oleh pemiliknya atau dengan data yang terkomputerisasi.

Sedangkan obligasi tidak terdaftar atau bearer bonds  adalah obligasi pembawa. Itu tidak berisi catatan data pemilik. Siapapun yang memegang obligasi ini dianggap sebagai pemilik.

Jenis obligasi ini sangat nyaman bagi investor yang ingin tetap anonim. Namun, perusahaan tidak menjamin jika obligasi tersebut rusak, hilang atau dicuri.

Secure and Unsecured Bonds

Obligasi dengan jaminan atau secure bonds adalah jenis obligasi yang dijamin dengan menggunakan aset tertentu seperti bangunan atau tanah. Aset ini memiliki fungsi pinjaman keamanan. Jika penerbit menjadi bangkrut pada saat jatuh tempo, hak atas aset beralih ke kreditur.

Aset yang digunakan juga merupakan pendapatan emiten dari proyek-proyek yang didanai obligasi.

Sebaliknya, obligasi tanpa jaminan atau tanpa jaminan adalah jenis obligasi korporasi tanpa jenis. Investor umumnya sangat mengandalkan kredibilitas perusahaan sebagai penerbit obligasi korporasi.

Term and Serial Bonds

Obligasi berjangka adalah obligasi dengan tanggal jatuh tempo tertentu. Ada nominal obligasi yang harus dibayarkan kepada pemegang obligasi pada hari itu. Jangka waktu obligasi dalam hal ini adalah jangka waktu sejak diterbitkannya obligasi sampai dengan jatuh tempo.

Obligasi serial atau serial bond adalah jenis pembayaran berulang. Obligasi jenis ini memiliki multiple maturity splits. Untuk pihak penerbit, obligasi ini tentu akan sangat menguntungkan karena bunganya yang lebih rendah sehingga pihak penerbit bisa menyesuaikan kebutuhan dan membayar kewajiban secara lebih ringan.

Junk Bond

Obligasi sampah atau junk bonds adalah obligasi yang memiliki risiko gagal bayar yang tinggi daripada berhasil membayar. Jenis obligasi ini sebenarnya memiliki tanggal jatuh tempo yang sama dengan jenis obligasi lainnya. Namun, obligasi sampah ini terjadi karena biasanya perusahaan penerbit mempunyai tingkat kredibilitas yang rendah.

Nah, agar bisa menarik para investor, maka obligasi sampah biasanya akan menawarkan kupon bunga yang sangat tinggi. Walaupun memang kurang menguntungkan, tapi kenyataannya obligasi ini mempunyai peminatnya sendiri.

Demikian uraian singkat tentang obligasi atau bond. Dengan demikian, mereka biasanya sekuritas yang diterbitkan dalam satu tahun oleh perusahaan atau organisasi.

Nah, jika kamu tertarik dengan investasi ini, kamu harus bisa membaca laporan keuangan perusahaan dengan baik, apakah ada yang mencurigakan atau tidak.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again