Categories

Gadget

Pengguna Nokia 8 Diizinkan untuk Membuka Bootloader, tapi Resiko Ditanggung Penumpang

Memberikan akses kepada pengembang untuk menggali potensi terbaik Android di Nokia 8

Bambang Winarso - 28 September 2018

Hal lain apa yang disukai oleh orang dari Android selain antarmuka, ketersediaan aplikasi dan harganya yang murah? Yap, beberapa dari Anda tentu setuju dengan alasan ini; Android mudah dikustomisasi, bisa di-root dengan kedalaman fitur yang bisa dieksplorasi sesuka hati dan memperoleh potensi penuh yang dimiliki.

Kegirangan ini yang akhirnya dihadirkan oleh HMD Global selaku pabrikan perangkat Nokia. Perusahaan asal Finlandia itu secara resmi meluncurkan bootloader unlock untuk para tweaker yang ingin menyelami seberapa luas kustomisasi yang bisa dilakukan di smartphone Nokia, khususnya Nokia 8.

Untuk mendapatkan akses bootlader unlock, pengguna perangkat Nokia 8 dapat mengakses laman ini, kemudian mendaftarkan diri dengan akun Google, Facebook atau secara manual dengan mengisikan nama pengguna dan email.

Dengan dirilisnya bootloader unlock untuk perangkat Nokia, maka nantinya pengguna – tentu yang paham – dapat melakukan berbagai hal yang banyak dilarang oleh pabrikan dan operator. Misalnya, pengguna nantinya dapat memasang custom ROM tak resmi, melakukan root salah satunya, memasang TWRP, dan memasang aplikasi yang memang membutuhkan akses administrator.

Tetapi langkah ini tentu bukannya tanpa resiko. HMD Global secara gamblang mendeskripsikan beberapa resiko setelah bootloader tidak lagi terkunci, antara lain:

  • Setelah bootloader terbuka, garansi akan hilang.
  • Langkah ini tidak dapat dikembalikan seperti sebelumnya.
  • Membuka kunci perangkat membuat Anda kehilangan beberapa fungsi, termasuk - tetapi tidak membatasi - telepon, radio, audio, video, pembayaran, enkripsi, dan DRM.
  • Semua media dan konten di perangkat akan dihapus, dan Anda harus menginstal ulang semua aplikasi.
  • Beberapa aplikasi mungkin tidak berfungsi lagi.
  • Dapat menyebabkan kerusakan permanen / fisik pada perangkat Anda.
  • Perangkat menjadi tidak aman terhadap serangan peretas.

Jika merasa yakin dan tahu betul dengan resikonya, Anda bisa mendapatkan akses bootloader unlock untuk Nokia 8 di tautan ini.

Sumber berita Wccftech dan XDA Develepers.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter