Categories

Gadget

Bosch FreshUp Adalah Gadget Portabel untuk Menghilangkan Bau Tak Sedap di Pakaian

Ketimbang mengandalkan zat kimia, Bosch FreshUp menggunakan teknologi plasma untuk melunturkan molekul-molekul bau

Glenn Kaonang - 7 September 2021

Pernah mendengar slang "chairdrobe"? Gabungan kata "chair" dan "wardrobe" ini merujuk pada kursi yang kerap dipakai untuk menggantung pakaian, khususnya pakaian yang masih terlalu bersih untuk dicuci (baru dipakai sebentar), tapi yang juga terlalu lusuh untuk dimasukkan kembali ke dalam lemari.

Meski sepintas kelihatan bersih, terkadang ada bau tidak sedap yang menempel di pakaian-pakaian yang disimpan di chairdrobe itu tadi. Daripada ujung-ujungnya tetap masuk ke mesin cuci, semestinya ada cara lain yang lebih praktis untuk membuat pakaian-pakaian tersebut jadi segar kembali. Kira-kira seperti itulah pemikiran Bosch kala mengembangkan gadget bernama FreshUp berikut ini.

Sebelum Anda jadi salah tangkap, perlu saya tekankan bahwa FreshUp tidak dirancang untuk membersihkan pakaian. Fungsinya murni untuk menghilangkan bau tak sedap yang menempel pada berbagai jenis pakaian, entah itu bau keringat, bau asap rokok, ataupun bau-bau lainnya.

Istimewanya, FreshUp bisa melakukan ini tanpa melibatkan zat kimia apapun. Sebagai gantinya, teknologi yang tertanam pada FreshUp dirancang untuk melepaskan partikel-partikel plasma, yang kemudian dapat melunturkan molekul-molekul bau.

Cara menggunakannya pun terkesan simpel: nyalakan perangkat, tempelkan pada pakaian yang hendak 'dirawat', lalu gosok seluruh permukaannya. Setelah didiamkan beberapa saat, bau tak sedap yang menempel di pakaian diyakini bakal sirna.

FreshUp dapat digunakan untuk berbagai jenis kain, termasuk halnya sutra, wol, atau kasmir, asalkan pakaiannya dalam posisi benar-benar kering. Bosch sama sekali tidak menyarankan penggunaan pada pakaian dengan bahan kulit atau yang permukaannya penuh bulu-bulu.

Sebagai gadget portabel, FreshUp cocok untuk pengguna yang kerap bepergian. Dalam posisi baterai terisi penuh, ia dapat digunakan selama sekitar satu jam sebelum akhirnya perlu dicas menggunakan kabel micro USB. Bentuknya mirip wadah kacamata dengan dimensi 16 x 6,5 x 3,7 cm, sementara bobotnya berada di kisaran 200 gram.

Bosch FreshUp pertama diumumkan sebagai proyek crowdfunding pada bulan Maret 2021, akan tetapi Bosch sekarang sudah memproduksi dan memasarkannya di beberapa negara. Di Inggris, FreshUp dijual seharga £250, atau sekitar 4,9 jutaan rupiah.

Sumber: Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter