Pabrikan audio kenamaan Bose belum lama ini secara diam-diam mengumumkan sebuah earphone yang tidak umum. Namanya Hearphones – bukan typo – dan fungsi utamanya malah untuk memusatkan perhatian Anda pada percakapan dengan seseorang di tempat yang ramai atau bising, bukan untuk membawa Anda larut dalam alunan musik dan sejenak melupakan soal masalah-masalah duniawi.

Lucunya, tujuan ini dicapai dengan memanfaatkan teknologi noise cancelling. Seperti yang kita tahu, noise cancelling sangat bermanfaat ketika kita hendak mendengarkan musik di tempat-tempat seperti kabin pesawat atau kereta api. Di sini, cara kerja noise cancelling masih sama, hanya saja tujuannya berbeda.

Hearphones pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk memilih apa yang ingin mereka dengar. Umumnya adalah percakapan dengan seseorang ketika Anda sedang berada di kedai kopi misalnya. Kalau Anda merasa tidak asing dengan konsep semacam ini, itu dikarenakan ada perangkat serupa bernama Here One yang sudah lebih dulu dirilis beberapa bulan lalu.

Aplikasi ini pada dasarnya berperan sebagai pusat kendali pendengaran Anda / Bose
Aplikasi ini pada dasarnya berperan sebagai pusat kendali pendengaran Anda / Bose

Hearphones beroperasi secara nirkabel menggunakan Bluetooth. Anda bisa memilih suara apa saja yang hendak diredam dan mana yang ingin diamplifikasi melalui aplikasi pendamping bernama Bose Hear. Sayangnya, aplikasi ini cuma tersedia untuk perangkat iOS saja.

Bose Hearphones pun sejauh ini belum punya jadwal rilis maupun banderol harga. Namun kalau melihat lini headphonenoise cancelling dari Bose, kemungkinan harganya akan masuk kategori premium.

Sumber: SlashGear dan Bose.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.