Categories

Otomotif

Bose Kembangkan Teknologi Noise Cancelling untuk Mobil

Bakal tersedia pada mobil-mobil yang diproduksi mulai akhir 2021

Glenn Kaonang - 11 January 2019

Sesuai namanya, teknologi noise cancelling diciptakan untuk mengeliminasi suara yang mengganggu dari sekitar. Itulah mengapa headphone noise cancelling sangat ideal buat konsumen yang sering bepergian menggunakan pesawat terbang, sebab kita semua tahu betapa riuhnya suara mesin yang masuk ke dalam kabin.

Sebagai salah satu pionir teknologi noise cancelling, Bose melihat masih ada celah untuk mengesksplorasi teknologi ini lebih lanjut. Hasil pemikiran mereka melahirkan QuietComfort Road Noise Control (RNC), yang pada dasarnya merupakan sistem noise cancelling untuk mobil.

Mungkin tidak banyak dari kita yang tahu, akan tetapi sejak tahun 2010, Bose telah dipercaya oleh sejumlah pabrikan mobil untuk menerapkan teknologi Engine Harmonic Cancellation (EHC) demi meminimalkan suara mesin yang masuk ke kabin. Sekarang, mereka merasa tertantang untuk mengembangkan teknologi baru guna mengeliminasi suara dari jalanan yang lebih dominan.

QuietComfort RNC memanfaatkan perpaduan accelerometer, software pengolah sinyal, mikrofon, dan sistem audio milik mobil untuk bisa bekerja sepenuhnya. Setiap komponen ini punya peran sendiri, accelerometer misalnya, berfungsi supaya algoritma yang diterapkan dapat terus memonitor getaran yang menciptakan suara, sebelum akhirnya informasi tersebut dipakai untuk mengalkulasikan sinyal acoustic cancellation dan dikirim melalui speaker mobil.

Singkat cerita, Bose melihat QuietComfort RNC sebagai solusi alternatif yang lebih ideal ketimbang memasang peredam pada sejumlah bagian mobil maupun mengganti ban dengan risiko menurunkan performa. Rencananya, teknologi bakal tersedia pada mobil-mobil yang diproduksi pada akhir tahun 2021 mendatang.

Sumber: Business Wire.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id