7 January 2021

by Lukman Azis

Bose Umumkan Sport Open Earbuds, Kebalikan dari TWS Noise-cancelling

TWS ini menyalurkan suara langsung ke telinga dan menjaga telinga tetap terbuka

Mendengarkan musik saat berolahraga memberikan berbagai manfaat, efeknya bisa membuat suasana hati lebih baik, mengurasi stres, meningkatkan intensitas olahraga, dan banyak lagi. Saat ini juga sudah banyak tersedia earphone nirkabel alias True Wireless Stereo (TWS) yang dirancang khusus untuk menemani berolahraga, bahkan beberapa diantaranya telah dilengkapi fitur noise-cancelling.

TWS terbaru datang dari Bose, yang telah Sport Open Earbuds. Sepasang earbudsย yang dipasang di telinga dan menyalurkan suara berkualitas tinggi ke saluran telinga tanpa memblokir suara lingkungan.

Ya, kebalikan dari fitur noise-cancellation, perangkat ini ditujukan bagi mereka yang lebih memilih untuk lebih waspada terhadap lingkungan sekitar terutama saat berolahraga di luar ruangan. Atau untuk mereka yang kurang nyaman menggunakan earphone yang masuk dalam lubang telinga.

Bose menyebut teknologi yang digunakan pada Sport Open Earbuds sebagai OpenAudio. Di mana dapat menyalurkan suara langsung ke telinga dengan kebocoran yang minimal dan juga memungkinkan telinga tetap terbuka total.

Bisa dibilang, konsepnya mirip Bose Frame namun dalam bentuk TWS. Bose Frame merupakan kacamata audio dengan fitur AR dan punya speaker yang dipasang pada bingkai yang mengarahkan suara ke telinga. Sementara, Sport Open Earbuds dipasang di bagian atas telinga dan masing-masing beratnya 14 gram, dimensi lebarnya 48mm dan tinggi 55mm.

Fitur lain, Bose menyediakan in-call noise reduction - untuk mengurangi kebisingan dari angin dan noise saat bertelepon. Serta, untuk mengisolasi suara penelepon agar tidak terdengar oleh penyadap. Juga terdapat satu tombol multi-fungsi untuk kontrol musik, menjawab panggilan, dan memanggil asisten virtual.

Harga Bose Sport Open Earbud dibanderol US$199 atau sekitar Rp2,7 jutaan. Kompatibel dengan smartphone Bluetooth 5.1 dan masa pakai baterainya 8 jam, tahan air dan keringat dengan sertifikasi IPX4.

Sumber: GSMArena