Categories

Gadget

Botol Minum Ini Bisa Hindarkan Anda dari Dehidrasi

Glenn Kaonang - 15 June 2015

Kalau Anda diancam dan diharuskan untuk memilih antara makan atau minum, mana yang Anda pilih? Saya yakin mayoritas akan memilih untuk minum, karena efek tubuh yang kekurangan cairan terkadang bisa lebih fatal.

Pada kenyataannya, sebagian besar dari kita mungkin tidak mendapat asupan air minum yang cukup setiap harinya. Tentu saja seberapa banyak air yang perlu dikonsumsi berbeda-beda tergantung aktivitas.

Kalau Anda menjadi istri saya, Anda beruntung karena selalu ada yang mengingatkan untuk minum segelas air dari waktu ke waktu. Tapi bagaimana kalau tidak ada orang di sekitar yang mengingatkan?

Inilah peran yang dituju oleh HidrateMe, sebuah botol minum pintar yang tengah menjalani kampanye di Kickstarter. Ide yang ditawarkan sederhana, yakni menjadi botol penampung air sekaligus asisten pribadi untuk mengingatkan Anda untuk minum.

Info menarik: GreenBox, Alat Canggih Yang Mampu Mengubah Urine Menjadi Air Minum

HidrateMe terbuat dari plastik, dan tersedia dalam lima pilihan warna. Volume air maksimum yang bisa ditampung adalah 710 ml, atau sedikit lebih banyak dibanding botol tanggung air mineral yang biasa Anda beli di warung. Penutupnya diklaim anti-bocor, sedangkan baterainya diyakini bisa bertahan selama setahun.

Di dalam botol ini, terdapat sebuah sensor yang akan memonitor seberapa banyak air yang Anda konsumsi. Data yang dikumpulkan kemudian akan dikirim via Bluetooth menuju aplikasi pendampingnya di smartphone, dan bagian tengah botol tersebut akan berpenjar putih guna mengingatkan Anda untuk minum setelah beberapa saat tidak ada cairan yang masuk.

Aplikasi pendamping HidrateMe juga akan membuat kalkulasi seberapa banyak air yang sebaiknya Anda minum berdasarkan data-data fisik dan seberapa aktifkah Anda sehari-harinya. Menariknya, aplikasi ini juga bisa melacak lokasi Anda; gunanya, saat Anda berada di lokasi yang terkenal panas dan kering, jumlah air yang direkomendasikan otomatis akan meningkat.

Kampanye HidrateMe di Kickstarter saat ini masih menyisakan waktu hampir satu bulan, akan tetapi targetnya sudah terpenuhi hampir sepuluh kali lipat. Kalau Anda tertarik, tersedia pledge senilai $45 – belum termasuk biaya pengiriman internasional.

Via: CNET.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter