3 August 2015

by Oki Rosgani

Xiaomi Siap Gelar Acara Tanggal 16 Agustus Mendatang?

Rumor mengenai keberadaan smartphone teranyar besutan Xiaomi terus bergulir beberapa pekan belakangan ini. Pabrikan smartphone asal Tiongkok itu kini dikabarkan akan menggelar acara peluncuran smartphone jagoan baru mereka pada tanggal 16 Agustus mendatang.

Ada dua buah smartphone yang dirumorkan akan melenggang ke pasaran tahun ini, yakni Xiaomi Mi 5 dan Redmi Note 2. Namun kabarnya hanya akan ada satu smartphone saja yang diungkap pada perhelatan yang akan digelar oleh pihak Xiaomi pada tanggal 16 Agustus 2015.

Kabar hadirnya Redmi Note 2 dikuatkan dengan posting oleh Tony Wei selaku VP Marketing Xiaomi, yang menuliskan sebuah kalimat di akun Weibo miliknya; "Do not wait so long to see the side, right? 816 See Beijing."

Info Menarik: Di Singapura dan Malaysia, Anda Bisa Beli Xiaomi Mi Note Lewat Uber

Prediksi juga hadir dari Wang Yang, Technology Director dari IHS China, bahwa besar kemungkinan Xiaomi akan merilis smartphoneRedmi Note 2 di acara yang akan digelar pada tanggal 16 Agustus nanti. Hal ini juga sejalan dengan apa yang pernah kami kabarkan sebelumnya, dimana Xiaomi tengah menggarap smartphone yang akan menjadi penerus Redmi Note dengan layar Full HD 1080p. Sedangkan  untuk Mi5, kabar sebelumnya menyebutkan bahwa perangkat smartphone ini baru akan dirilis pada bulan November mendatang.

Selain memperkenalkan smartphone baru, Xiaomi juga dikabarkan akan memberikan 'kado' lain bagi para fansnya, yaitu MIUI versi 7 yang merupakan penerus antara muka mereka yang kini disematkan pada produk mereka.

Sementara untuk sisi spesifikasi, smartphone Redmi Note 2 diperkiarakan akan mengusung layar IPS kapasitif berukuran 5.5 inci, diotaki dengan prosesor quad-core Snapdragon 410 SoC dengan chipset Cortex-A53 besutan Qualcomm kecepatan 1.2Ghz.

Smartphone ini juga akan dijejali dengan kamera utama 13 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel, didukung oleh besaran RAM 2GB serta kapasitas penyimpanan internal 8GB, terdapat juga slot microSD yang bisa diisi oleh kartu memori hingga 64GB. Sedangkan untuk beterai smartphone ini akan kabarnya akan menghadirkan baterai Lithium Polymer dengan kapasitas 3100 mAh.

Info Menarik:  Rumor Yakini Xiaomi Mi 5 Akan Meluncur di Bulan November

Sama seperti smartphoneRedmi Note versi terdahulu, varian teranyar ini juga akan dijejali dengan fitur Bluetooth, WiFi, microUSB, koneksi HSPA dan kemampuan untuk terhubung dengan jaringan LTE, dan tentu saja MIUI 7.

Sayangnya, belum ada informasi detail mengenai berapa harga jual untuk setiap unit smartphoneRedmi Note 2 ini. Namun sesuai kebiasaan, Xiaomi akan menawarkan smartphone ini dengan harga yang relatif lebih terjangkau dibandingkan perangkat yang satu segmen di pasaran. Kita tunggu saja.

Sumber: IBTimes, iDigitimes. | Gambar Header: ilustrasi perangkat Xiaomi dari Mi.com