12 August 2015

by Oki Rosgani

Boyong Sejumlah Fitur Unggulan, Smartphone 'Lenovo' ZUK Z1 Akhirnya Resmi Dirilis

Bulan Juli lalu, smartphoneZUK Z1 telah muncul dan diumumkan sebagai perangkat pendatang baru yang siap meramaikan ranah smartphone.

Perangkat yang dirancang oleh startup asal Tiongkok itu telah didukung sepenuhnya oleh Lenovo dan perusahaan perangkat lunak 360 melalui kucuran dana sebesar US$ 409 juta (hanya dari 360), dana yang besar tentunya menjadikan Zuk perhatian dan patut ditunggu gebrakannya.

Tanggal 11 Agustus lalu, smartphone ZUK Z1 telah resmi dirilis di negara asalnya Tiongkok, ia hadir dengan sejumlah fitur menarik seperti; layar berukuran 5.5 inci dengan resolusi full-HD (1080x1920 piksel), baterai dengan kapasitas 4.100 mAh, ruang RAM sebesar 3GB dan kapasitas penyimpanan internal sebesar 64GB.

Info Menarik: Microsoft Rilis Windows 10 untuk Perangkat Internet of Things

Smartphone ini juga diotaki dengan prosesor octa core ARM Cortex-A5 yang dibenamkan pada chipset Snapdragon 801 besutan Qualcomm yang dapat berlari hingga kecepatan maksimal 2.5GHz, didukung pula oleh pengolah grafis Adreno 330 serta hadirnya fitur seperti pembaca sidik jari.

Smartphone ZUK Z1 yang memiliki dimensi 55.7x77.3x8.9mm serta bobot 175 grams itu berjalan dengan Android 5.1.1 Lollipop serta dikemas dengan dua buah kamera, dimana sensor Sony IMX214 13 megapixel berfitur optical image stabilization (OIS) hadir di bagian belakang sebagai kamera utama, sedangkan pada bagian depan terdapat kamera 8 megapiksel.

Pihak Lenovo telah menjejalkan dua buah slot kartu Nano SIM sehingga smartphone ini memiliki kemampuan untuk terhubung dengan dua operator sekaligus. Ia juga memiliki port USB Type-C s.

Info Menarik: Ini Dia Info Harga dan Waktu Rilis Smach Zero alias ‘SteamBoy’

Pada tanggal 18 Agustus 2015 nanti, smartphone Lenovo ZUK Z1 akan ditawarkan dengan harga CNY 1,799 (atau setara dengan Rp. 3,8 juta) dan dijajakan dengan menggunakan metode penjualan secara online di pasar Tiongkok, dimana metode ini sama dengan apa yang dilakukan oleh Xiaomi sebelumnya. Sayangnya, belum ada kabar mengenai kapan waktunya smartphone ini akan masuk ke luar Tiongkok termasuk pasar tanah air.

Sumber: NDTV | Gambar Header: ZUK