Gadget

BQ Aquaris E5 HD Ubuntu Edition, Anak Baru yang Berani "Berbeda"

Setiap orang punya pilihan untuk segala sesuatu, entah itu pakaian, hobi, film, kendaraan, rumah hingga smartphone. Di antara sekian pilihan, seperti Android yang populer, iOS yang mewah dan Windows Phone, ada saja orang yang menyukai platformUbuntu dengan alasannya sendiri.

Pabrikan smartphone asal Spanyol, BQ salah satu contoh nyatanya. Alih-alih ikut mengalir bersama arus tren seperti yang ditempuh sebagian besar pabrikan perangkat, BQ lebih memilih membuat ponsel pintar yang berbasiskan Ubuntu.

Kiprah pertama BQ diawali dengan peluncuran smartphone pertamanya pada bulan Februari lalu dengan julukan, Aquaris E 4.5. Dan baru-baru ini vendor tersebut kembali meluncurkan suksesor varian tersebut, bernama Aquaris E5 HD Ubuntu Edition.

Aquaris E5 HD Ubuntu Edition mempunyai kelebihan pada ukuran layarnya yang lebih lebar ketimbang varian pertama, yakni seluas 5 inci dengan resolusi 720p. Jeroan perangkat dijejali chipset MediaTek yang mengemas prosesor empat inti Cortex-A7 berkecepatan 1,3GHz.

Info Menarik:Smartphone Ubuntu OS Pertama Siap Melenggang di Eropa

Chipset berkinerja cukup apik tersebut ditemani RAM berkapasitas 1GB dan memori internal 16GB untuk keperluan penyimpanan data, aplikasi, musik, foto dan lain-lain. Seperti tak ingin tampil seadanya, BQ menyematkan kamera utama 13MP disertai fitur dual LED flash bersama dengan kamera tambahan 5MP di bagian depan.

Smartphonedual SIM ini rencananya akan dijajakan di Eropa pada pertengahan bulan Juni seharga $223 atau setara dengan Rp 2,8 juta-an. Terbilang mahal untuk ukuran smartphone yang dibuat oleh vendor baru. Apalagi sejumlah smartphone dari vendor ternama yang dibanderol dengan harga yang sama sudah mendapatkan fitur 4G LTE.

Belum ada kabar apakah Asia juga akan disinggahi oleh BQ. Melihat rekam jejaknya, kemungkinan itu sangatlah kecil.

Sumber berita Fonearena.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter