Categories

Gadget

Canonical Ungkap Tablet Ubuntu Pertama, BQ Aquaris M10

Sayang harga dan tanggal peluncurannya belum dibeberkan

Bambang Winarso - 5 February 2016

Kemarin waktu setempat, tepat di 4 Februari 2015, perusahaan di balik sistem operasi gratis Ubuntu Linux menyingkap perangkat tablet bernama BQ Aquaris M10 Ubuntu Edition yang merupakan hasil kolaborasinya dengan pabrikan perangkat asal Spanyol, BQ.

BQ Aquaris M10 Ubuntu Edition merupakan perangkat gabungan pertama yang selain berfungsi sebagai tablet, ia juga dapat berperan sebagai komputer. Dan dengan kehadiran tablet ini, Canonical akhirnya berhasil mencapai visinya akan perangkat PC yang multi fungsi, fleksibel namun produktif. Tablet ditenagai oleh sistem operasi Ubuntu Touch terbaru yang dapat diubah-fungsikan menjadi sebuah PC dengan menghubungkannya ke komponen LCD, mouse dan keyboard eksternal.

Sementara dari sisi komponen penunjangnya, tablet BQ Aquaris M10 Ubuntu Edition dibalut layar seluas 10.1 inci Full HD dengan dukungan multi-touch. Untuk memberikan daya gedor optimal, Canonical memilih prosesor quad core MT8163A 64-bit dari MediaTek bersama dengan RAM 2GB dan memori internal 16GB.

Canonical juga menyematkan kamera di bagian belakang dengan resolusi 8MP serta dukungan dual flash dan autofocus. Untuk pasokan daya, diserahkan pada komponen baterai Li-Po dengan kapasitas sebesar 7280mAh.

Selain itu perangkat juga memperoleh tambahan port HDMI dan slot microSD untuk memudahkan sambungan ke perangkat eksternal, plus sejumlah teknologi yang mengakomodasi produktivitas penggunanya.

Sementara bagi para pengembang, Canonical menjamin mereka dapat mengembangkan aplikasi dengan sangat mudah. Mereka hanya perlu membuat satu aplikasi, jika ia dapat berjalan di satu mode perangkat, maka ia akan dapat berjalan dengan baik di semua interface Ubuntu. Ubuntu SDK menyediakan alat yang akan membantu pengembang menciptakan dan mendapatasi aplikasi untuk semua tipe layar.

Sayang belum ada informasi berapa harga tablet ini dan kapan akan dilepaskan ke publik. Prediksi terbaik, Canonical akan meluncurkannya ke publik sebelum akhir tahun 2016.

Sumber berita Ubuntu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter