Categories

Berita

Brainly Luncurkan Fitur “Live Answer” untuk Tingkatkan Keterlibatan Pengguna

Memungkinkan pengguna berinteraksi secara langsung dalam proses tanya-jawab

Prayogo Ryza - 1 September 2016

Tingginya perkembangan pengguna harus disikapi dengan bijak oleh para startup. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengeksplorasi dan menginovasi fitur-fitur yang ada untuk membuat pengguna semakin ‘lengket’ dengan produk dan layanan yang diberikan. Brainly, sebuah startup yang menyediakan solusi belajar siswa dengan konsep tanya jawab mencoba menjawab tantangan meningkatnya pengguna mereka dengan fitur baru, yakni fitur Live Answer. Sebuah fitur yang memungkinkan pengguna berinteraksi secara langsung. Dengan hadirnya fitur ini Brainly berharap bisa semakin meningkatkan minat berinteraksi para pengguna karena dengan konsep utama tanya-jawab interaksi merupakan hal penting dalam sistem Brainly.

Market Manager Brainly Dimas Mukhlas kepada Dailysocial mengungkapkan bahwa saat ini Brainly memiliki kunjungan lebih dari 10 juta pengguna setiap bulannya dengan jumlah pertanyaan yang masuk ke database mencapai 15.000 pertanyaan tiap harinya. Meski demikian Brainly masih mendapat tantangan untuk membuat bagaimana mayoritas pengguna Brainly menjadi lebih aktif dan terlibat proses belajar-mengajar (tanya-jawab) yang ada. Atas dasar itulah fitur Live Answer ini dimunculkan.

Fitur Live Answer dari Brainly / Brainly

Sesuai degan namanya fitur Live Answer ini memungkinkan para pengguna Brainly untuk berinteraksi secara langsung, seperti proses tanya-jawab dan interaksi lain seperti memberikan ucapan terima kasih, berkomentar, dan lainnya. Harapannya dengan fitur baru ini pengguna bisa terbantu untuk proses belajar mata pelajaran yang membutuhkan langkah-langkah detil seperti Fisika, Matematika, atau Kimia.

Brainly yang belum lama ini mendapatkan pendanaan Seri B hampir sebesar $15 juta sebelumnya telah mencoba fitur ini selama tiga bulan. Selama tiga bulan tersebut tim analis Brainly menemukan bahwa dengan ada Live Answer ini pengguna menjadi lebih aktif, terutama ketika pengguna melihat ada seseorang yang sedang menjawab, pengguna yang sebelumnya hanya melihat dan menunggu menjadi tertarik untuk terlibat dalam diskusi.

Kelebihan yang ditemukan tim Brainly lainnya adalah pengguna menjadi lebih sering mengakses Brainly dan lebih terikat dengan aplikasi mobile, terutama saat mereka melihat dan memantau pertanyaan terjawab secara langsung. Menurut pihak Brainly dengan adanya fitur Live Answer ini bisa memberikan kesan yang lebih mendalam daripada mendapatkan jawaban yang tanpa melihat proses langsung.

Hal ini mungkin disebabkan karena pengguna (yang membuat pertanyaan) dapat berinteraksi dengan pengguna lain (yang juga menunggu jawaban untuk pertanyaan yang sama) sekaligus menanyakan detil tambahan atau jawaban lanjutan mengenai jawaban yang ada. Semacam mengedepankan keterlibatan pengguna satu dengan yang lain secara langsung.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter