Categories

Internet

Brainly Sediakan Wadah Online Tanya Jawab Tugas Sekolah Antar Pengguna

DailySocial - 5 August 2014

Tak jarang siswa sekolah dalam setiap mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR) akan menemui kesulitan dalam menjawab soal-soal yang diberikan. Untuk mengatasi permasalahan ini para siswa bisa berkonsultasi dengan guru privat maupun bimbingan belajar. Di era yang kini serba online, cara baru membahas tugas sekolah adalah melalui platform tanya jawab tugas sekolah melalui Brainly.

Brainly menyebut layanannya sebagai jaringan pembelajaran sosial. Merupakan startup asal Polandia yang berdiri sejak tahun 2009, Brainly kini telah tersedia di beberapa negara di belahan Eropa dan Asia, termasuk Indonesia. Melalui Brainly, penguna bisa bertanya sekaligus juga bisa memberikan jawaban terkait permasalahan dalam tugas-tugas sekolah. Interaksinya pun disajikan secara terbuka dan dapat digunakan untuk seluruh tingkatan siswa baik tingkat SD, SMP, hingga SMA. Anggap saja Brainly adalah Quora untuk pekerjaan sekolah.

Daftar mata pelajaran yang tersedia dalam Brainly juga cukup lengkap. Setelah sebelumnya harus mendaftarkan diri terlebih dahulu, pengguna bisa mengakses 19 mata pelajaran yang sebagian besar sesuai dengan kurikulum pendidikan Indonesia, seperti misalnya ada Matematika, Bahasa Indonesia, Kimia, Fisika, Ilmu Sosial, dan PPKn. Layanan Brainly di Indonesia juga bisa diakses secara mobile di platform Android dan iOS.

Di setiap mata pelajaran akan terlihat terlihat berapa banyak pengguna yang sedang online. Semakin banyak pengguna yang sedang online berarti semakin besar juga kemungkinan mendapat jawaban dengan cepat. Brainly mengklaim 80% dari pertanyaan bakal dijawab dalam waktu 10 menit saja.

Untuk menambah sisi menarik, Brainly juga menyertakan peringkat pengguna yang dihitung berdasarkan perolehan poin tertinggi. Poin ini dapat diperoleh dari jawaban yang telah Anda berikan untuk membantu pengguna lain. Besaran poin bervariasi berdasarkan pertanyaan. Semakin besar total poin yang dimiliki, Brainly secara otomatis bakal menampilkannya dalam leaderboard pengguna tercerdas di halaman depan situs.

Kehadiran Brainly melengkapi satu lagi daftar startup yang fokus dalam duniapendidikan di Indonesia, setelah sebelumnya telah terdapat beberapa startup pendidikan seperti KelaseWikasa, dan KelasKita, serta beberapa aplikasi mobileseperti aplikasi Buku BSE, dan e-Tryout. Brainly merupakan situs pendidikan yang telah melakukan lokalisasi konten untuk penyesuaian pengguna lokal, seperti halnya aplikasi belajar bahasa asing Duolingo.

Brainly memang menarik karena memberikan peluang bagi siswa untuk belajar bersama memahami suatu permasalahan di berbagai mata pelajaran. Yang jadi perhatian adalah jangan sampai nantinya siswa jadi malas berpikir dan terlalu bergantung pada jawaban yang diberikan oleh orang lain melalui platform semacam ini.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Avi Tejo Bhaskoro. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter