Startup yang menyasar sektor pertanian saat ini sudah mulai banyak jumlahnya, sebagian besar startup tersebut memiliki alasan yang serupa yaitu ingin membantu para petani di Indonesia dengan memberikan edukasi yang baik, teknologi terkini hingga membantu proses pendistribusian dengan cara memotong mata rantai penjualan yang cukup rumit di sektor pertanian hingga saat ini.

Salah satu startup yang mencoba untuk menghadirkan produk bawang merah adalah Brambang.com. Brambang.com, yang berupa marketplace khusus untuk jual beli bawang merah secara online, telah meluncurkan layanannya dengan soft launching pada bulan Mei 2017 lalu.

Startup yang didirikan Dustin Haliman ini memiliki tujuan untuk menyediakan platform dagang online yang dididukung oleh logistik efisien agar perdagangan bawang merah yang saat ini berlangsung secara tradisional menjadi lebih cepat, mudah, dan murah. Brambang.com mengklaim menguntungkan pihak penjual maupun pembeli. Penjual atau pelaku bisnis bawang merah dapat memperluas pasar penjualan mereka dan pembeli dapat membeli bawang merah dengan mudah dan murah.

“Kami ingin mengambil peran penting meningkatkan efisiensi perdagangan hasil pertanian Indonesia. Kami mulai dengan bawang merah, mengingat harga bawang merah adalah salah satu komponen dalam perhitungan inflasi oleh Bank Indonesia,” kata Founder dan CEO Brambang.com Dustin Haliman.

Bawang merah langsung dari Brebes

Sejauh ini kami belum memperoleh informasi soal jumlah pengguna dan penjual yang sudah terlibat di Brambang.com. Dustin sendiri belum mengungkapkan bagaimana monetisasi layanan ini. Fokusnya saat ini untuk memastikan kualitas barang yang disuplai sesuai standar. Untuk mengontrol mutu bawang merah, Brambang.com disebutkan langsung menyuplai bawang merah segar dari Brebes.

“Menurut statistik Kementerian Pertanian, Kabupaten Brebes memproduksi bawang merah kira-kira 400.000 ton per tahun, dengan jumlah pelaku bisnis bawang merah yang diestimasikan sebanyak 200.000 orang. Brambang hadir dengan tujuan untuk membantu mereka memperluas pasar penjualan dan juga menyediakan jasa logistik yang jauh lebih efisien,” kata Dustin.

Saat ini Brambang.com baru melayani layanan di wilayah Jabodetabek. Untuk bisa mengakses Brambang.com, pengguna bisa melakukan transaksi melalui situs di desktop dan mobile browser, pembeli dapat memesan bawang merah di Brambang.com hanya dengan 4 langkah. Dimulai dengan menentukan jumlah berat, mendapatkan harga, melakukan pembayaran melalui transfer atau setoran tunai, dan kemudian bawang merah yang dipesan akan diantar pada hari berikutnya. Saat ini Brambang tidak melakukan pengiriman pada hari Minggu atau hari libur.

“Brambang.com menjamin mutu barang, ketersediaan barang serta harga yang transparan, terkini, dan kompetitif. Di samping itu, waktu pengiriman yang cepat serta kemudahan dan kenyamanan berbelanja online menjadi unggulan layanan kami,” tutup Dustin.