1. DScovery

Brand Ambassador: Definisi, Jenis, Tugas, hingga Manfaatnya

Idealnya, brand ambassador ini adalah mediator di komunitas

Saat ini kita sering melihat seorang artis atau aktor yang menampilkan dirinya sebagai brand ambassador atau duta brand, organisasi atau lembaga. Kemudian, sebagai aturan, dihadirkan organisasi atau brand yang misinya mewakili publik dengan berbagai manfaat dan hal positif lainnya.

Menariknya, gaji seorang brand ambassador (BA) umumnya sangat tinggi, sehingga tidak heran jika banyak orang yang tertarik dengan brand bernama BA. Tapi apa artinya menjadi brand ambassador, apa tugasnya dan berapa gajinya? Berikut penjelasan lebih lengkapnya oleh DailySocial.id

Definisi Brand Ambassador

Sebelum era internet, pemasaran dari mulut ke mulut sudah cukup untuk mendukung upaya pemasaran perusahaan. Sekarang word of mouth marketing telah banyak mengalami  perubahan bentuk baru.

Kita hidup di masa dimana bisnis media sosial berkembang pesat. Kemudian kata teknik pemasaran mulai memasuki era menggunakan BA. Tapi apa itu brand ambassador?

Brand Ambassador adalah individu yang mempromosikan merek dan produknya di seluruh jaringan mereka dengan tujuan meningkatkan kesadaran merek dan penjualan.

Menurut Referral Rock, brand ambassador adalah seseorang yang menyukai merek kamu, ingin merek kamu sukses, dan benar-benar menggunakan produkmu. Ketika sebuah perusahaan memilih brand ambassador, mereka akan terus memasarkan brand untuk jangka waktu yang telah disepakati dan ditentukan.

Secara keseluruhan, mereka harus menyetujui kesepakatan dan memilih merek kamu baik secara offline seperti di seminar dan pameran atau online melalui media sosial.

Biasanya, brand ambassador adalah seorang influencer atau seseorang yang dikenal banyak orang yang dibayar untuk kemudian mendapatkan endorsement atas produk tersebut. Kamu kemudian dapat menyebutnya  influencer marketing.

Saat kamu bekerja dengan mereka, pesan merek akan menyebar jauh dan luas melalui jaringan mereka yang sama luasnya. Itu tidak berakhir di sana. Ketenaran saja tidak cukup.

Brand Ambassador sebagai brand ambassador yang menjadi wajah dari brand tersebut. Karenanya "wajah" merek tersebut. Maka dari itu, mereka harus bisa menyampaikan hal-hal seputar produk jasa dan brand yang kamu miliki.

Idealnya, brand ambassador ini adalah mediator di komunitas mereka. Mereka kemudian harus dapat memanfaatkan jaringan dan hubungan yang sudah mereka miliki untuk mempromosikan merek melalui taktik pemasaran dari mulut ke mulut.

Jenis-Jenis Brand Ambassador

Influencer Brand Ambassador

Seperti namanya, melalui program ini kamu akan berkolaborasi dengan seseorang yang memiliki pengaruh signifikan di masyarakat atau dikenal sebagai influencer, yang kemudian akan menjadi brand ambassador perusahaan kamu.

Bekerja sama dengan influencer, konten bersponsor diunggah secara berkala dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan. Hadiah untuk influencer kemudian menghasilkan pendapatan atau komisi dan kamu mendapatkan produk gratis yang kemudian didedikasikan untuk penggunaan promosi.

Kamu memiliki suara yang didengar masyarakat. Karena pengaruhnya yang besar, bentuk kerjasama perusahaan dengan brand ambassador cukup ketat. Kemudian perusahaan mempekerjakan mereka secara profesional dengan transaksi yang transparan dan ekspektasi yang tinggi.

Mereka kemudian dibimbing langsung oleh CRM perusahaan atau tim Customer Relationship Management perusahaan dalam menyelesaikan tugasnya. Tim inilah yang kemudian merancang program, menyiapkan segala kebutuhan dan mengelola program brand ambassador agar berjalan sesuai dengan tujuan perusahaan.

Beberapa dari jenis duta merek ini adalah selebritas, blogger, dan YouTuber.

Affiliate Brand Ambassador Program

Brand ambassador sebagai tipe lain kemudian menggunakan affiliate marketing dan kedua belah pihak baik perusahaan maupun brand ambassador mendapatkan keuntungan dari kerjasama ini.

Dalam kolaborasi ini, perusahaan bekerja sama dengan seseorang, biasanya seorang blogger atau influencer, untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu. Brand ambassador kemudian mempromosikan perusahaan dengan membagikan tautan tentang perusahaan di media sosial atau di situs web mereka.

Sebagai imbalannya, affiliate marketer atau pemasar afiliasi kemudian menerima komisi untuk setiap pembelian yang berhasil melalui tautan tersebut. Penjualan yang dilakukan oleh brand ambassador itu sendiri kemudian dapat dilacak melalui tautan afiliasi.

Program ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan penjualan karena bisnis hanya perlu membayar afiliasi ketika duta merek melakukan penjualan.

Informal Brand Ambassador Program

Informal brand ambassador bisa siapa saja yang menyukai produk dan layanan perusahaanmu. Kebanyakan dari mereka berasal dari penggemar fanatik merek tertentu yang dengan rela dan sadar mempromosikan produk merek tersebut kepada orang lain.

Brand ambassador jenis ini sendiri merupakan hasil dari kepuasan pelanggan terhadap layanan atau produk perusahaan. Dalam program ini tidak ada kontrak formal yang kemudian diberlakukan dan brand ambassador ini biasanya tidak dibayar untuk iklan.

Meskipun tidak dibayar, BA informal senang bercerita tentang layanan atau produk perusahaan karena mereka adalah pelanggan setia yang sangat menyukai layanan atau produk perusahaan tersebut. Perlahan, ketika pengaruh mereka cukup besar bagi merek, mereka bisa menjadi bagian dari micro-influencer.

College Brand Ambassador Program

College Brand Ambassador adalah mahasiswa yang ditunjuk untuk memasarkan produk dan layanan perusahaan kepada sesama mahasiswa.

Mereka kemudian dapat mensponsori merek di dalam atau di luar kampus dengan menyumbangkan suvenir gratis, mengadakan acara promosi, memasang poster perusahaan, atau memposting konten di media sosial.

Brand ambassador colleger kemudian sangat cocok untuk merek yang target audiensnya sebagian besar adalah mahasiswa berusia 18-25 tahun.

Tugas Brand Ambassador

Cara menjadi brand ambassador sesungguhnya tidaklah sulit. Di bawah ini ialah beberapa tugas dan tanggung jawab seorang duta merek yang perlu kamu ketahui.

  • Memahami visi serta misi perusahaan.
  • Mewakili brand dalam berbagai bentuk secara positif.
  • Membantu berbagai pembuatan konten, seperti menulis artikel review, blog, dan caption.
  • Berpartisipasi dalam suatu event marketing.
  • Bekerja bersama tim marketing dan sales untuk mengonsepkan strategi campaign.
  • Membangun brand awareness melalui word-of-mouth marketing.
  • Membangun suatu opini positif tentang brand di jaringannya.
  • Memberikan saran dan insight mengenai suatu produk serta jasa yang baru
  • Mempromosikan suatu brand melalui akun media sosial pribadinya
  • Menjaga hubungan baik serta vendor atau orang yang menjual layanan atau produk perusahaannya.
  • Memonitor berbagai feedback dari konsumen serta komplain ke departemen marketing perusahaan.

Mereka paham bahwa tugas dan tanggung jawab seorang brand ambassador tidaklah mudah. Brand ambassador adalah "wajah" pertama dari merek tersebut. Sebagian besar kemudian bertanggung jawab dalam kontrak tertentu, yang cukup panjang.

Jadi, kamu benar-benar harus berhati-hati dalam mendeskripsikan berbagai nilai yang diwakili oleh perusahaan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again