1. Startup

BRI Segera Hadirkan Layanan Chatbot untuk Nasabah

Menggunakan teknologi Kata.ai, diumumkan 16 Desember 2017 mendatang saat perayaan hari jadi BRI

Bank Rakyat Indonesia (BRI) akan mengeluarkan platform chatbot sebagai salah satu solusi perseroan agar terus selaras dengan perkembangan teknologi. Untuk mengimplementasi teknologi ini, BRI menggandeng Kata.ai sebagai pihak pengembangnya.

Kehadiran chatbot diharapkan dapat melayani nasabah BRI untuk mengakses layanan perbankan kapan pun dan di mana pun lewat smartphone mereka.

"Kami akan resmikan chatbot BRI pada hari ulang tahun kami yang ke-122, akan jatuh pada 16 Desember 2017," terang Executive Vice President BRI Kaspar Situmorang di sela-sela diskusi panel yang diadakan Kata.ai, Selasa (12/12).

Secara terpisah, kepada DailySocial, Kaspar menerangkan untuk sementara chatbot baru bisa melayani fitur standar perbankan, seperti cek transaksi, info dan promo, dan lainnya. Chatbot ini juga baru bisa diakses lewat platform messaging Facebook Messenger. Kemungkinan perseroan akan membawa chatbot ini ke WhatsApp pada tahun depan.

Menurutnya, kehadiran chatbot dapat menjadi strategi perseroan dalam meningkatkan engagement dengan nasabah, sekaligus upaya menjaring nasabah baru. Saat ini BRI memiliki 52 juta nasabah tersebar di seluruh Indonesia, sementara pengguna internet banking dan SMS banking mencapai 16 juta nasabah.

Penerapan chatbot di perbankan

BRI akan menjadi bank ketiga yang mengimplementasi teknologi chatbot di Indonesia, setelah BCA dengan Vira dan BNI dengan Cinta (bekerja sama dengan Bang Joni).

BCA menghadirkan chatbot untuk memberikan informasi dan promosi terkini, juga transaksi perbankan mulai dari cek saldo, cek mutasi rekening, info kartu kredit, dan administrasi. Vira hadir di tiga platform messaging, yaitu Facebook Messenger, Line, dan Kaskus Chat.

Sementara untuk Cinta, nasabah BNI dapat melakukan kegiatan perbankan lewat percakapan via Facebook Messenger dan Direct Message di Twitter. Chatbot Cinta juga dihadirkan dalam mobile banking BNI dengan opsi Chat Now.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again