Categories

Home Appliance

Brilliant Control Adalah Smart Home Hub Interaktif yang Menyamar Sebagai Saklar Lampu

Tetap bisa difungsikan sebagai saklar lampu biasa, tapi ada integrasi voice assistant untuk segala keperluan yang lain

Glenn Kaonang - 8 September 2018

Smart home hub, sesuai namanya, memegang peran paling penting dalam sebuah rumah yang diisi oleh sederet perangkat pintar. Tanpanya, kita akan kesulitan mengoperasikan perangkat demi perangkat, entah itu lampu pintar, termostat, sistem audio, dan lain sebagainya.

Umumnya, smart home hub memiliki wujud seperti router. Fungsinya hanya duduk diam menghubungkan berbagai perangkat, sehingga pada akhirnya kita dapat mengontrol semuanya lewat smartphone atau smart speaker. Namun apa benar smart home hub tidak boleh lebih dari sebatas itu?

Tentu tidak. Buktinya bisa Anda lihat lewat perangkat bernama Brilliant Control berikut ini. Seperti yang bisa Anda lihat, ia bukan sembarang smart home hub. Ketimbang menghuni suatu meja atau rak, Brilliant memilih soket saklar lampu sebagai rumahnya. Instalasinya dipastikan mudah tanpa memerlukan kabel tambahan maupun baterai; di mana saja saklar lampu dapat ditanam, Brilliant bisa Anda tempatkan di sana.

Dua dari empat varian yang ditawarkan berdasarkan jumlah tuas pada saklar yang hendak digantikan / Brilliant

Selesai dipasang, Brilliant tetap bisa difungsikan sebagai saklar lampu biasa. Pengembangnya menawarkan empat varian yang dapat dipilih berdasarkan jumlah tuas yang ada pada saklar yang digantikannya. Cekungan memanjang yang ada di samping layarnya itu merupakan panel sentuh kapasitif untuk menyala-matikan lampu yang terhubung.

Di sebelahnya, ada layar sentuh 5 inci beresolusi HD yang siap menampilkan beragam informasi, sekaligus menjadi panel kontrol interaktif. Dari layar inilah pengguna dapat mengendalikan berbagai perangkat smart home; mulai dari bohlam Philips Hue, termostat Nest, bel pintu Ring, sampai speaker Sonos, dan masih banyak lagi perangkat yang kompatibel dengannya.

Lebih menarik lagi, Brilliant rupanya juga mengemas integrasi Amazon Alexa, sehingga kendali via perintah suara pun juga dimungkinkan. Pada kenyataannya, Brilliant Control bisa dianggap sebagai Amazon Echo Show dalam wujud yang berbeda, sebab ia dapat menyuguhkan informasi visual dengan gaya yang sama. Alexa bukan asisten favorit Anda? Tenang, Brilliant juga kompatibel dengan Google Assistant.

Seperti halnya smart home hub lain, Brilliant perlu tersambung ke jaringan Wi-Fi dan internet secara konstan, dan ini juga yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikannya lewat aplikasi smartphone meski sedang tidak berada di dalam rumah. Brilliant juga mengemas konektivitas Bluetooth sebagai cadangan di saat darurat, meski fungsinya jelas jadi sangat terbatas.

Smart home hub jelas bukanlah barang baru, tapi ide yang dieksekusi Brilliant benar-benar, well, brilian. Di Amerika Serikat, Brilliant Control saat ini telah dipasarkan dengan harga mulai $299, cukup mahal untuk ukuran smart home hub, tapi jangan lupakan kapabilitasnya yang setara Amazon Echo Show.

Sumber: CNET dan PR Newswire.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter