Categories

Internet

Browser Opera Mini Akan Hadir di Samsung Galaxy Gear S

Oki Rosgani - 9 October 2014

Opera Mini adalah browser Internet yang sebelumnya banyak digunakan oleh para pengguna smartphone, yang menarik dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk meng-kompres sebuah halaman web sehingga selain menawarkan koneksi yang lebih cepat, dan data Internet yang akan jadi lebih murah.

Baru-baru ini diberitakan bahwa Opera Mini akan hadir pada perangkat smartwatch Samsung Galaxy Gear S yang berjalan dengan menggunakan platform Android Wear.

Walaupun perangkat jam tangan pintar Samsung Galaxy Gear S telah memiliki browser sendiri namun kehadiran browser Opera Mini tentu akan menawarkan opsi tambahan bagi para pengguna jam tangan pintar Samsung saat mengakses konten web dari pergelangan tangan mereka.

Terlebih karena perangkat jam tangan pintar Samsung Galaxy Gear S telah dijejali fasilitas kartu SIM yang dapat mengakses data secara mandiri.

Browser yang dibuat oleh perusahaan software yang berbasis di Norwegia itu memiliki fitur Speed Dial yang menampilkan halaman bookmarkwebsite dalam bentuk ikon-ikon yang besar sehingga fitur ini akan lebih memudahkan para pengguna jam tangan pintar untuk mengakses sebuah website hanya dengan satu sentuhan jari saja.

 

Info menarik: Kenakan Olive dan Ucapkan Selamat Tinggal Pada Stres

 

Pada waktu mendatang, kemungkinan besar browser Opera Mini juga akan hadir untuk perangkat smartwatch lain yang berjalan dengan menggunakan sistem operasi Android Wear, namun begitu belum ada kabar detail mengenai hal tersebut. Opera Mini untuk Samsung Galaxy Gear S ini akan di pre-load di area tertentu dan dapat diunduh secara gratis lewat peramban di m.opera.com untuk yang telah memiliki Gear S.

Fitur Opera Mini untuk smartwatch dipastikan akan memiliki fitur yang sama dengan fitur yang dimiliki oleh browser Opera Mini versi smartphone, termasuk dukungan JavaScript, penyimpanan situs favorit (bookmark), sejarah kunjungan (history), pengingat user name dan password, pranala pribadi (private browsing), dan fitur SmartPage yakni sebuah layar yang menampilkan update terbaru dari akun media sosial yang dimiliki pengguna atau update berita terbaru yang tampil dalam satu halaman.

Pengguna perangkat smartwatch juga akan lebih mudah untuk mengoperasikan browser Opera Mini dari pergelangan tangan mereka karena aplikasi Opera Mini versi smartwatch ini akan mendukung perintah gestur seperti double-tap atau 'mecubit' layar (pinch-to-zoom) untuk memperbesar dan memperkecil tampilan halaman, atau menggeser jari ke kiri atau ke kanan untuk berpindah ke halaman web yang telah dibuka.

Hal menarik lainnya, browser Opera Mini juga menawarkan fitur offline reading, dimana pengguna dapat membaca konten web yang telah disimpan tanpa membutuhkan lagi akses data.

Sebelumnya, browser Opera Mini juga telah hadir diberbagai macam platform mobile seperti J2ME, Symbian, BlackBerry OS, iOS dan Android. Tidak heran jika browser besutan Opera Software ASA yang berbasis di Norwegia ini kini tersedia untuk platform Android Wear, salah satu platform untuk perangkat wearable yang akan menjadi makin populer dimasa depan.

Sumber dan Gambar Header: IntoMobile.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter