Setahun yang lalu, Opera mewujudkan visi browser desktop masa depannya lewat Opera Neon. Tahun ini, mereka ingin kembali menerapkan pendekatan yang sama, tapi untuk segmen mobile. Dari situ lahirlah browser anyar bernama Opera Touch.

Prinsip yang dianut Touch adalah memberikan kita kemudahan selagi menggunakan ponsel dengan satu tangan. Mengapa hanya satu tangan? Karena pada prakteknya kita memang lebih sering browsing menggunakan smartphone selagi berada di luar rumah, dan selagi satu tangan lainnya disibukkan oleh berbagai hal, entah itu membawa barang belanjaan atau malah sedang menikmati es krim.

Opera Touch

Guna mewujudkan visi tersebut, Opera mendesain satu elemen interface yang sangat inovatif bernama FAB, singkatan dari Fast Action Button. Tombol ini selalu ada di bagian bawah layar, sangat dekat dengan posisi jangkauan ibu jari pengguna. Tap satu kali, maka keyboard akan muncul dan kita siap mengetikkan alamat situs atau kata kunci pencarian.

Tap lalu tahan, maka akan muncul sejumlah icon. Ada icon untuk me-refresh halaman, untuk menutup halaman, atau untuk berpindah ke tab lainnya. Semuanya menggunakan satu jari saja dan dalam satu gerakan yang menyambung: sentuh, tahan, geser, lalu lepas.

Saat browser baru dibuka pun yang langsung muncul adalah tampilan keyboard, sehingga kita tinggal mengetikkan alamat situs yang ingin dikunjungi atau kata kunci pencarian. Pencarian menggunakan perintah suara turut didukung, demikian pula untuk fitur pemindaian QR code.

Selain kemudahan pengoperasian dengan satu tangan, keunggulan lain Touch adalah fitur sinkronisasi dengan Opera versi desktop. Opera menjuluki sistem ini dengan istilah Flow, dan untuk mengaktifkannya, pengguna hanya perlu memindai QR code yang tampil di browser desktop menggunakan ponsel satu kali. Dari situ browser desktop dan Opera Touch akan langsung terhubung, lengkap dengan bumbu enkripsi yang aman.

Opera Touch

Entah itu link, gambar ataupun video – bahkan tab yang sedang dibuka sekalipun – semuanya bisa disimpan dalam Flow dan bakal tersinkronisasi antar perangkat. Untuk mengaksesnya, tinggal buka saja tab Flow, baik di desktop maupun mobile menggunakan Opera Touch.

Opera Touch saat ini sudah bisa diunduh secara cuma-cuma di Android, sedangkan versi iOS-nya dijadwalkan menyusul dalam waktu dekat. Untuk bisa menggunakan fitur Flow, pastikan browser Opera di desktop sudah di-update ke versi yang terbaru.

Sumber: Opera.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.