31 March 2015

by Glenn Kaonang

Browser Project Spartan untuk Windows 10 Technical Preview Sudah Bisa Dicoba

Dua bulan setelah didemonstrasikan oleh Microsoft, browser Project Spartan akhirnya sudah bisa dicoba langsung oleh para testerWindows 10 Technical Preview versi PC.

Dalam dua minggu ke depan, para penguji bisa mengunduh versi baru Windows 10 Technical Preview (build 10049). Versi baru ini akan menghadirkan browser yang merupakan suksesor dari Internet Explorer tersebut.

Meski demikian, tidak semua fitur Project Spartan bisa dicoba dalam preview versi perdananya ini. Salah satunya adalah fitur Reading List yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan laman web secara offline serta melakukan sinkronisasi data browsing antar perangkat.

Integrasi asisten virtual Cortana di dalam Project Spartan juga belum bisa dicicipi oleh para tester yang berdomisili di luar AS. Kedua fitur ini baru akan hadir saat Windows 10 dan Project Spartan – dengan nama barunya – meluncur secara resmi di bulan Juni atau Juli mendatang.

Info menarik: Microsoft Bermitra dengan Adobe untuk Sempurnakan Browser Project Spartan

Lalu apa yang bisa dijajal? Yang pertama tentunya rendering engine baru yang diyakini lebih cepat dan lebih efisien ketimbang engine lawas milik IE 11. Kemudian fitur Web Note, dimana pengguna bisa membuat catatan kecil langsung di atas laman web, lalu menyimpannya di OneNote atau membagikannya via jejaring sosial.

Preview ini sejatinya barulah awal dari Project Spartan. Nantinya, Microsoft menjanjikan update secara reguler untuk browser generasi barunya tersebut.

Bagi yang sudah menjalankan Windows 10 Technical Preview, build 10049 yang menghadirkan Project Spartan ini bisa diunduh via Windows Update. Buat yang belum, Anda bisa mendaftarkan diri di Windows Insider Program terlebih dahulu.

Sobat TRL yang sudah menjajal Project Spartan, share pengalamannya di sini ya… :)

Sumber: Windows Blog dan The Verge.