30 May 2016

by Glenn Kaonang

Browsing di Aplikasi Google untuk iOS Makin Cepat Berkat Dukungan Accelerated Mobile Pages

Pengguna kini juga bisa menonton highlight pertandingan olahraga langsung dari kartu-kartu Google Now

Google baru saja meluncurkan update versi 15.1 untuk aplikasi iOS-nya. Meski pembaruannya terbilang sederhana, dampaknya cukup besar pada pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Pembaruan yang paling utama pada versi teranyar aplikasi Google ini adalah dukungan Accelerated Mobile Pages (AMP). Fitur ini pada dasarnya memungkinkan artikel dari sejumlah situs untuk terbuka secara instan ketika pengguna menyentuhnya, mirip seperti fitur Instant Articles milik Facebook yang juga memangkas waktu loading secara drastis.

Artikel yang tersedia dalam format AMP ini akan memiliki lambang petir di sebelahnya, dan pengguna bisa menjumpainya pada bagian “Top Stories” setelah melakukan pencarian. Singkat cerita, browsing menggunakan aplikasi Google di iOS kini bisa lebih cepat berkat dukungan AMP.

Selain dukungan AMP, pengguna aplikasi kini juga bisa menikmati video highlight bermacam pertandingan olahraga langsung dari kartu-kartu yang ditampilkan Google Now. Cukup sentuh tombol Play dan video pun akan diputar langsung di dalam aplikasi.

Google turut membenahi performa aplikasinya sehingga loading bisa berlangsung lebih cepat. Perubahannya mungkin tidak terlalu mencolok, akan tetapi Google mengklaim peningkatan performa ini bisa menghemat waktu 6,5 juta jam dari akumulasi total pengguna aplikasi Google untuk iOS.

Selebihnya, aplikasi Google kini juga menampilkan jam-jam sibuk dari suatu lokasi langsung di hasil pencarian. Pengguna iPad yang memakai keyboard Bluetooth juga diuntungkan berkat dukungan keyboard shortcut sehingga mereka bisa bernavigasi tanpa harus menyentuh layar.

Aplikasi Google untuk iOS versi 15.1 saat ini sudah bisa diunduh langsung dari App Store.

Sumber: Google Search Blog.