Buat Catatan Terenkripsi Dengan Aplikasi IO Notes Untuk Android

taking-note

Saat ini cukup banyak aplikasi pencatat yang bagus digunakan di setiap smartphone. Seperti contohnya, Evernote yang punya segudang fitur atraktif, begitu pula Blastnote yang juga memiliki cukup banyak fitur dan fungsi menarik, dan tentunya OneNote milik Microsoft. Baru-baru ini, ada aplikasi pencatat baru yang bernama IO Notes. Dibuat oleh pengembang lokal, IO Notes hadir dengan fitur yang minim namun diklaim sebagai aplikasi dengan data yang terlindungi.

Ya, jika saat ini Anda telah mengunduh aplikasi IO Notes ke dalam perangkat smartphone Android, Anda mungkin tak akan (belum) menemukan fitur-fitur yang kaya seperti layaknya aplikasi pencatat pada umumnya. Tak banyak fungsi yang bisa dilakukan dan sepenuhnya hanya memfasilitasi kebutuhan pencatatan saja. Tak bisa menyematkan berbagai file tambahan seperti misalnya foto, suara, dan lain sebagainya.

Walau minim fitur, IO Notes dikatakan memiliki tingkat keamanan yang cukup baik perihal penyimpanan catatan di ponsel. Pengembangnya, Djonny Stevens Abenz, menjelaskan kepada kami bahwa IO Notes dirancang sebagai aplikasi pencatat yang memiliki standar keamanan yang tinggi. Pengguna IO Notes wajib memberi password minimal delapan karakter pada aplikasinya agar tidak dapat diakses oleh orang lain. Djonny mengatakan, sistem proteksi IO Notes menggunakan standar enkripsi AES, dan jika pengguna IO Notes lupa akan password yang digunakan, catatan-catatan yang telah dishpan tidak akan dapat diambil dan apliasi baru dapat digunakan kembali setelah dihapus dari smartphone dan di-install ulang, tentunya tanpa catatan yang pernah disimpan di dalamnya.

Seperti aplikasi notes pada umumnya, fungsi pencatatan IO Notes juga dilengkapi pengingat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, dan tak lupa IO Notes juga memberikan fasilitas backup ke dalam memori ponsel agar setiap catatan dapat tersimpan dengan aman. Kurang lebihnya hanya beberapa fitur itu saja yang saat ini dapat digunakan, namun sebagai aplikasi yang tentu memiliki banyak pesaing, pengembang IO Notes juga berencana akan menghadirkan fitur-fitur lain untuk melengkapi aplikasinya tersebut.

Dijelaskan, dalam beberapa waktu ke depan IO Notes akan dilengkapi dengan tagging, note berwarna, share, penyesuaian layout pada perangkat tablet, export/import berkas, attachment berbagai tipe berkas, hingga sinkronisasi cloud. Untuk sinkronisasi cloud akan hadir sebagai fitur berbayar melalui in-app purchase. Tentunya ini merupakan model bisnisnya, mengingat IO Notes bebas dari iklan dan dapat diunduh secara gratis.

Rencana pengembangan fitur tadi tentunya dapat dijadikan “bekal” untuk IO Notes dapat bersaing dengan aplikasi lainnya, terlebih pada aplikasi serupa yang juga berasal dari pengembang lokal seeprti misalnya Blastnote tadi. Untuk itu, jika pengembangan fitur tadi terwujud, kami tentu ingin melihat seperti apa potensi IO Notes nanti. Bagi Anda yang penasaran ingin mencoba aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya lewat Google Play Store secara gratis.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Related Article

Hal Apa Saja yang Perlu Dilakukan Saat Mengembangkan Bisnis

Persiapkan apa saja yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis

Maybank SUKA

Hampir semua orang memimpikan menjadi seorang pebisnis besar dan sukses. Tapi tahukah Anda bahwa hanya sebagian kecil yang benar-benar menggapai mimpi tersebut. Mengembangkan usaha sendiri tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyak hal-hal penting yang mesti Anda persiapkan. Mulai dari jenis usaha yang akan dijalankan sampai dengan segi pemasaran.

Jika Anda kurang pengetahuan dan tidak serius dalam mengembangkan bisnis tersebut, usaha Anda tidak akan berkembang dan bisa mengalami kerugian. Selain harus memiliki mental sekuat baja, ada hal penting lain yang harus dipersiapkan agar hasilnya maksimal.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas langkah-langkah mengembangkan usaha sendiri dengan modal yang relatif kecil. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan adalah :

Tentukan Fokus dan Karakteristik Bisnis Anda

Menentukan fokus bisnis Anda merupakan sesuatu yang sangat penting karena akan sangat berpengaruh terhadap semua elemen yang ada selama Anda membangun bisnis tersebut.

Kepada siapa Anda akan memberikan value brand Anda? Kebutuhan dalam bidang apa yang akan dipenuhi oleh brand Anda? Seperti apa cara Anda mengantarkan value tersebut?

Setelah itu, perlahan fokus tersebut pun akan membantu Anda menciptakan karakteristik brand Anda. Salah satu cara untuk menentukan karakteristik sebuah brand adalah dengan memperlakukannya seperti manusia.

Seperti apa penampilannya? Karakter seperti apa yang membuat target audiens Anda tertarik dengannya?

Hal-hal tersebut akan menentukan brand voice di media sosial atau jaringan internet lain yang Anda punya nantinya, sekaligus menentukan seperti apa penampilannya dari segi digital creative, baik itu desain maupun tulisan.

Rajin Membuat Catatan Kecil

Catatlah semua hal penting yang Anda dapatkan. Mulai dari nasihat orang lain, masalah , hingga tantangan-tantangan yang Anda hadapi saat mengelola bisnis Anda. Dengan harapan, bila waktunya tiba, Anda tidak hanya mewariskan sebuah perusahaan melainkan juga pengalaman Anda.

Mengembangkan Modal Dan Strategi Bisnis Dengan Matang

Tidak sedikit pemilik usaha berencana untuk mengembangkan usahanya harus terhambat karena permasalahan modal. Ya, modal memang bukanlah satu-satunya hal yang menjadi pertimbangan dalam mengelola usaha, namun modal pastinya memiliki andil yang sangat besar untuk kesuksesan suatu usaha selain dibutuhkan kebulatan tekad, kesabaran, serta kerja keras dari pelaku usaha.

Setelah mengembangkan sebuah bisnis yang Anda jalankan dari nol, maka itu bukan berarti modalnya juga nol. Anda tetap saja membutuhkan modal untuk pengembangan usaha Anda. Berapakah modal yang Anda butuhkan? Ya tentu saja tergantung seberapa besar usaha yang ingin Anda kembangkan. Anda juga bisa mencari pinjaman melalui program pendanaan dari bank, contohnya adalah Maybank yang memiliki program SUKA sebagai solusi mudah untuk usaha.

Maybank SUKA merupakan program pembiayaan bagi pengusaha skala SME (Usaha Kecil dan Menengah) yang disesuaikan dengan kebutuhan usaha Anda, melalui proses yang mudah , tidak “ribet”, dan cepat. . Kelengkapan dokumen yang dibutuhkan bagi nasabah perorangan adalah:
a. KTP (termasuk KTP pasangan)
b. Kartu Keluarga dan Surat Nikah
c. NPWP
d. SIUP atau TDP
e. Laporan rekening koran di semua bank 3 (tiga) bulan terakhir
f. Sertifikat tanah, IMB, dan PBB tahun terakhir
Misalnya Anda adalah founder startup yang bergerak di bidang healthcare, sejalan dengan perkembangan bisnis yang serba dinamis, tentunya Anda membutuhkan agar mampu mengimbangi bahkan melebihi kompetitor Anda. Oleh karena itu Anda dapat mengambil manfaat program Maybank SUKA.

Selain menawarkan kecepatan proses, Maybank SUKA akan memberikan bunga yang sangat kompetitif dengan , jangka waktu pinjaman hingga 15 tahun.
Terus Berinovasi

Membangun sebuah bisnis tidak berhenti saat Anda membuat brand. Brand harus melekat dengan produk dan jasa secara konsisten saat berinteraksi dengan.

Anda akan terus membangun dan mengevolusi brand Anda setiap kali mendapatkan pelanggan baru dan mempelajari siapa mereka serta bagaimana caranya berinteraksi dengan mereka untuk meningkatkan engagement.

Perlu disadari bahwa Anda tidak akan pernah memiliki 100% kendali terkait bagaimana orang-orang mempersepsikan brand Anda.

Pada akhirnya tujuan akhir dan realisasi yang utama adalah profit atau pendapatan yang pasti. Hindari kebiasaan untuk memberikan promosi, penawaran harga yang rendah serta kegiatan burning money lainnya. Fokuskan kepada pendapatan dan memastikan bisnis yang Anda jalankan disukai oleh pengguna dan mereka bersedia untuk mengeluarkan uang agar dapat menikmati produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Informasi lebih lanjut mengenai Maybank SUKA, bisa dapat melalui link berikut ini http://bit.ly/MaybankSUKA

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Tips

Informasi untuk bantu Anda jalankan startup

Opini

Analisis tentang perkembangan digital Indonesia

Interview

Wawancara dengan para pelaku startup