Buat Catatan Terenkripsi Dengan Aplikasi IO Notes Untuk Android

Buat Catatan Terenkripsi Dengan Aplikasi IO Notes Untuk Android

taking-note
taking-note

Saat ini cukup banyak aplikasi pencatat yang bagus digunakan di setiap smartphone. Seperti contohnya, Evernote yang punya segudang fitur atraktif, begitu pula Blastnote yang juga memiliki cukup banyak fitur dan fungsi menarik, dan tentunya OneNote milik Microsoft. Baru-baru ini, ada aplikasi pencatat baru yang bernama IO Notes. Dibuat oleh pengembang lokal, IO Notes hadir dengan fitur yang minim namun diklaim sebagai aplikasi dengan data yang terlindungi.

Ya, jika saat ini Anda telah mengunduh aplikasi IO Notes ke dalam perangkat smartphone Android, Anda mungkin tak akan (belum) menemukan fitur-fitur yang kaya seperti layaknya aplikasi pencatat pada umumnya. Tak banyak fungsi yang bisa dilakukan dan sepenuhnya hanya memfasilitasi kebutuhan pencatatan saja. Tak bisa menyematkan berbagai file tambahan seperti misalnya foto, suara, dan lain sebagainya.

Walau minim fitur, IO Notes dikatakan memiliki tingkat keamanan yang cukup baik perihal penyimpanan catatan di ponsel. Pengembangnya, Djonny Stevens Abenz, menjelaskan kepada kami bahwa IO Notes dirancang sebagai aplikasi pencatat yang memiliki standar keamanan yang tinggi. Pengguna IO Notes wajib memberi password minimal delapan karakter pada aplikasinya agar tidak dapat diakses oleh orang lain. Djonny mengatakan, sistem proteksi IO Notes menggunakan standar enkripsi AES, dan jika pengguna IO Notes lupa akan password yang digunakan, catatan-catatan yang telah dishpan tidak akan dapat diambil dan apliasi baru dapat digunakan kembali setelah dihapus dari smartphone dan di-install ulang, tentunya tanpa catatan yang pernah disimpan di dalamnya.

Seperti aplikasi notes pada umumnya, fungsi pencatatan IO Notes juga dilengkapi pengingat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, dan tak lupa IO Notes juga memberikan fasilitas backup ke dalam memori ponsel agar setiap catatan dapat tersimpan dengan aman. Kurang lebihnya hanya beberapa fitur itu saja yang saat ini dapat digunakan, namun sebagai aplikasi yang tentu memiliki banyak pesaing, pengembang IO Notes juga berencana akan menghadirkan fitur-fitur lain untuk melengkapi aplikasinya tersebut.

Dijelaskan, dalam beberapa waktu ke depan IO Notes akan dilengkapi dengan tagging, note berwarna, share, penyesuaian layout pada perangkat tablet, export/import berkas, attachment berbagai tipe berkas, hingga sinkronisasi cloud. Untuk sinkronisasi cloud akan hadir sebagai fitur berbayar melalui in-app purchase. Tentunya ini merupakan model bisnisnya, mengingat IO Notes bebas dari iklan dan dapat diunduh secara gratis.

Rencana pengembangan fitur tadi tentunya dapat dijadikan “bekal” untuk IO Notes dapat bersaing dengan aplikasi lainnya, terlebih pada aplikasi serupa yang juga berasal dari pengembang lokal seeprti misalnya Blastnote tadi. Untuk itu, jika pengembangan fitur tadi terwujud, kami tentu ingin melihat seperti apa potensi IO Notes nanti. Bagi Anda yang penasaran ingin mencoba aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya lewat Google Play Store secara gratis.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…