Categories

Mobile

Buat Kolase Foto dengan Aplikasi Baru Buatan Instagram, Layout

Aditya Daniel - 24 March 2015

Instagram baru saja merilis aplikasi terbaru bernama Layout. Sebelumnya, Instagram juga pernah mengeluarkan sebuah aplikasi untuk membuat sebuah video time-lapse bernama Hyperlapse. Layout, sesuai namanya, diluncurkan oleh Instagram bagi pengguna yang ingin membuat sebuah foto kolase dari beberapa foto.

Layout sendiri baru tersedia untuk perangkat iPhone, iPod touch dan iPad yang terinstal iOS versi 7 ke atas dan bisa diunduh secara gratis. Ukuran aplikasinya sendiri terbilang cukup kecil, hanya 4.8 MB.

Info Menarik: Tambah Latar Belakang Musik di Video Dengan Aplikasi Lomotif

Aplikasi Layout bisa langsung digunakan tanpa mengharuskan penggunanya melakukan pendaftaran ataupun memiliki sebuah akun.

Sesuai dengan namanya, Layout dapat membuat sebuah foto kolase hingga maksimal 9 foto pilihan. Tersedia berbagai macam layout yang sudah terkostumisasi dan secara otomatis menampilkan preview dari foto yang dipilih.

Tak hanya itu, demi memudahkan untuk memilih foto dari preview yang ada, Instagram juga menghadirkan fitur Faces yang akan menyuguhkan foto-foto yang terdapat wajah atau foto seseorang. Tab Recents, menampilkan 30 foto terakhir yang pernah dipilih.

Layout menyediakan fitur Photo Booth yang dapat mengambil beberapa foto secara langsung menggunakan kamera dari perangkat iOS dan menjadikannya sebuah kolase. Sebuah tombol countdown akan berjalan dan akan mengambil foto. Setelah memilih foto yang diinginkan, pengguna bisa mengatur foto-foto tersebut dalam layout kolase yang ada. Terdapat pilihan Flip dan Mirror dimana pengguna bisa membalik dan mengatur posisi foto.

Kolase yang telah selesai dibuat bisa langsung disimpan di aplikasi Photos atau di-edit dan diunggah ke Instagram maupun Facebook.

Info Menarik: 5 Aplikasi iOS Pilihan Untuk Menemani Traveling

Langkah Instagram menghadirkan aplikasi tersendiri untuk membuat sebuah konten ini merupakan langkah yang cukup tepat. Dengan membuat aplikasi pendukung tersendiri, pengguna akan bisa lebih fokus pada konten yang dihadirkan oleh aplikasi Instagram.

Meski banyak sekali aplikasi yang menawarkan fitur sejenis, namun Layout yang dirilis dan terintegrasi secara mudah dengan Instagram memiliki poin lebih.

Meski baru tersedia untuk pengguna iOS, Instagram menjanjikan untuk menghadirkan aplikasi Layout untuk platform Android beberapa bulan mendatang. Layout bisa didapatkan lewat App Store.

Sumber: Instagram dan idownloadblog.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter