Categories

Otomotif

Bugatti Resmi Perkenalkan Supercar Terbarunya, Bugatti Chiron

Punya daya sebesar 1.500 tenaga kuda, dengan kecepatan maksimum 463 km/jam

Glenn Kaonang - 1 March 2016

Bulan Maret 2015 merupakan tanggal penting bagi industri otomotif. Pasalnya supercar tercepat di dunia, Bugatti Veyron, resmi dipensiunkan pada saat itu. Selang satu tahun kemudian, Bugatti ternyata sudah siap dengan penerusnya.

Di ajang Geneva Motor Show 2016, Bugatti secara resmi memperkenalkan Chiron, sebuah supercar yang bakal meneruskan jejak Veyron sebagai mobil paling kencang yang legal dikemudikan di jalanan. Tidak cuma mempertahankan gelar, Chiron justru ingin melaju lebih cepat lagi dari pendahulunya tersebut.

Kecepatan adalah nilai jual utama Bugatti Chiron. Ia mengemas mesin W16 8 liter yang sanggup menyemburkan daya sebesar 1.500 tenaga kuda. Tidak seperti yang dirumorkan, mesin ini merupakan mesin bensin murni, bukan mesin hybrid yang dipadukan dengan motor elektrik.

Spesifikasi mesinnya sebenarnya tidak jauh berbeda dari milik Veyron, lalu apa rahasia di balik dongkrakan performa yang signifikan tersebut? Jawabannya adalah empat komponen turbocharger yang bekerja dalam dua tahap serta aerodinamika yang lebih baik.

Alhasil, Chiron bisa melesat hingga kecepatan 420 km/jam. Tapi angka ini sebenarnya dibatasi oleh sistem elektronik. Kalau dibiarkan melaju tanpa batasan, kabarnya Chiron bisa mencapai kecepatan 463 km/jam. Hal ini sekaligus menjadi alasan mengapa di speedometer-nya tercantum angka 500 km/jam.

Performa Chiron benar-benar tidak perlu diragukan lagi. Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari posisi berhenti, ia berhasil mencatatkan waktu 2,5 detik. Lebih lanjut, 0-200 km/jam sukses ia tempuh dalam 6,5 detik, dan 0-300 km/jam dalam 13,6 detik.

Beralih ke penampilan, desainnya didasari oleh konsep Bugatti Vision Gran Turismo yang sempat dipamerkan tahun kemarin. Hasil akhirnya jauh lebih elegan, namun masih mempertahankan wujud khas Veyron yang sudah melegenda. Di bagian belakang, sebuah spoiler akan muncul secara otomatis ketika Chiron digeber dalam kecepatan tinggi.

Masuk ke kabin, nuansanya sangat berbeda dibanding konsep yang hadir tahun lalu. Di sini nuansa balap dilebur dengan nuansa mewah yang diwakili oleh material kulit di sana-sini. Bugatti ingin memastikan bahwa mereka tak hanya menciptakan supercar tercepat, tetapi juga yang termewah.

Material kulit saja tidak cukup untuk menonjolkan aura mewah Chiron. Maka dari itu, Bugatti turut membekalinya dengan teknologi digital generasi terkini. Utamanya adalah panel instrumen adaptif yang akan menyesuaikan dengan kondisi mengemudi. Lebih lanjut Chiron juga mengemas sound system kelas premium, yang menurut klaim Bugatti menjadikannya sebagai “concert hall tercepat sejagat”.

Penekanan pada kata “mewah” juga menjadikan Chiron sangat eksklusif. Bugatti hanya akan memproduksi Chiron sebanyak 500 unit, dan sepertiga darinya sudah dipesan oleh konsumen. Sisanya akan dijual seharga $2,5 juta per unit, atau sekitar Rp 33,4 miliar.

Sumber: Road and Track dan Bugatti.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter