8 December 2021

by Daniel Hamiaz

Build Albedo Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

Dengan diperkenalkan senjata, artefak, dan karakter pendukung Geo, potensi Albedo semakin tinggi lagi. Sebagus apakah Albedo setelah berbagai update tersebut?

Sejak dirilis pada versi 1.2, Albedo merupakan salah satu karakter underrated yang ada di Genshin Impact. Kehadirannya sebagai karakter Geo dan sub DPS sering dipandang sebelah mata. Namun hal ini mulai berubah setelah miHoYo merilis senjata dan artefak baru, yang sepertinya ditujukan khusus untuk Albedo. Sebagus apakah dirinya setelah update tersebut?

&t=2s

Overview

Albedo adalah karakter bintang 5 berelemen Geo dengan senjata sword, yang dirilis pada versi 1.2. Ia merupakan sub DPS, yang mampu memberikan damage Geo secara terus menerus melalui Elemental Skill-nya, yang disebut Solar Isotoma. Skill ini akan memberikan damage Geo area, setiap kali pemain memberikan damage saat berada di dalam radius Skill ini.

Elemental Burst Albedo akan memberikan damage area yang besar, lalu diikuti dengan gelombang damage Geo susulan, saat diaktifkan di dalam radius Solar Isotoma. Saat karakter aktif menginjak bunga yang ada di tengah-tengah Elemental Skill ini, maka karakter tersebut akan diangkat. Kemampuan Elemental Skill yang ini tidaklah terlalu berguna untuk pertarungan dan lebih bermanfaat untuk eksplorasi saja.

Sebagai karakter Geo, Albedo merupakan karakter yang cukup unik. Gameplay-nya sangat berfokus untuk memberikan damage Geo. Sedikit berbeda dengan karakter Geo lain, yang biasanya memiliki setidaknya satu mekanik pertahanan, baik dari Geo Construct atau dari shield yang dihasilkan. Hal ini menjadikan Albedo sebagai karakter yang berbeda, untuk karakter Geo.

Walaupun demikian, Albedo memiliki beberapa kelemahan. Ia merupakan karakter dengan splitscaling, yaitu penghitungan damage-nya dihitung berdasarkan dua atau lebih stat, yaitu Elemental Skill-nya memakai DEF dan Elemental Burst-nya memakai ATK (C0). Namun semenjak dirilisnya Cinnabar Spindle pada versi 2.3, miHoYo seakan menegaskan, bahwa Albedo seharusnya berfokus pada Elemental Skill, ketimbang Elemental Burst-nya.

Prioritas talenta: Elemental Skill > Elemental Burst.

Artefak

Untuk artefak terbaiknya, Husk of Opulent Dreams merupakan pilihan terbaik untuk Albedo. Artefak yang dirilis pada versi 2.3 ini didesain khusus untuk karakter Geo yang memiliki scaling Defense.

Anda bisa memakai 4 Tenacity of the Millelith sebagai opsi lain, dikarenakan Albedo dapat mengaktifkan efeknya dengan mudah. Artefak ini cocok jika Albedo Anda belum memiliki investasi yang tinggi. Namun jika menginginkan damage off-field yang besar dan konsisten, dianjurkan untuk memakai 4 Husk of Opulent Dreams.

Sebagai alternatif, Anda bisa memakai antara 2 Husk of Opulent Dreams, 2 Archaic Petra, atau 2 Noblesse Oblige. Pilihan artefak ini tetap dapat mengeluarkan potensi Albedo, jika belum mendapatkan 4 Husk of Opulent Dreams yang bagus.

Main stat yang dicari: DEF%, Geo DMG Bonus%, Crit rate/DMG%.

Prioritas sub stat: Crit Rate/DMG% > DEF% > flat DEF > ATK% > flat ATK% > ER%.

Senjata

Karena kekuatan Albedo terletak pada Elemental Skill-nya dan Skill tersebut memiliki Def scaling, maka dari itu Albedo tidak memiliki banyak pilihan senjata. Untungnya pada versi 2.3 diperkenalkan Cinnabar Spindle, yaitu sebuah sword gratis yang didesain khusus untuk Albedo, baik secara stat, efek pasif maupun visualnya. Senjata ini seketika menjadi senjata terbaik untuk Albedo.

Jika Anda tidak memiliki Cinnabar Spindle, maka Anda bisa memakai antara Harbinger of Dawn, Primordial Jade Cutter, atau Festering Desire. Namun untuk Jade Cutter dan Festering Desire, keduanya lebih baik dipasangkan ke karakter lain yang lebih cocok.

Harbinger of Dawn sangat cocok dengan Albedo, karena ia tidak membutuhkan base ATK yang tinggi, Selain mudah didapatkan, efek pasifnya juga mendukung, karena Albedo akan jarang terkena damage langsung.

Namun kelemahan senjata ini adalah saat Anda menghadapi musuh dengan mekanik corrosion, yang akan menguras HP Albedo secara perlahan walau sedang tidak menjadi karakter aktif. Perlu diingat juga, Anda baiknya mengganti Circlet dengan main stat DEF% saat memakai senjata ini.

Komposisi Tim

Salah satu keunggulan Albedo dibandingkan dengan sub DPS lain adalah ia karakter fleksibel, yang dapat diletakkan di berbagai tim. Ia mampu memberikan damage konsisten secara independen. Namun perlu diperhatikan untuk tidak meletakkan Albedo di komposisi tim Freeze, karena Crystallize akan sangat mengganggu reaksi tersebut.

Albedo kerap kali dipasangkan dengan Zhongli, karena keduanya memiliki sinergi yang bagus. Dengan memakai 2 Geo, maka Anda juga dapat mengakses Geo Resonance, yang akan memperkuat shield dan juga memberikan tambahan damage. Duet ini dapat dipasangkan dengan duet pasangan lain, contohnya seperti Hu Tao & Xingqiu, Xiao & Jean, dlsb.

Komposisi tim lain yang cocok untuk Albedo adalah dengan memakai 4 karakter Geo sekaligus di satu party. Anda bisa memakai karakter DPS Geo seperti Itto, Ningguang, atau Noelle. Kelemahan dari tim ini adalah tim ini tidak bisa memanfaatkan reaksi elemen, sehingga damage yang dihasilkan cenderung lebih rendah. Selain itu, tim ini juga tergolong mahal dan juga tidak efektif saat menghadapi musush dengan shield elemen, seperti Abyss Mage dan Fatui.

Tips Albedo Genshin Impact

sumber: Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Albedo merupakan salah satu dari sedikit karakter di Genshin Impact, yang memiliki scaling DEF. Hal ini sangat dipengaruhi oleh base DEF yang dimiliki Albedo. Maka dari itu, untuk memaksimalkan potensinya, ada baiknya level Albedo bisa dinaikkan setinggi mungkin, bahkan sampai level 90 bila perlu. Dengan menaikkan level, maka base DEF Albedo akan naik juga, dan juga meningkatkan damage yang dihasilkan.

  2. Saat melawan boss, peletakkan Elemental Skill-nya harus diperhatikan. Jika salah meletakkan, Elemental Skill tersebut akan langsung hancur dan perlu menunggu beberapa saat untuk meletakkan Skill ini kembali.

  3. Elemental Skill Albedo akan memberikan damage Geo, saat anggota tim mengurangi/mengenai HP dari musuh. Hal ini tidak berlaku saat musuh yang sedang dihadapi, memiliki elemental shield. Mekanik serupa dimiliki pula oleh Elemental Skill milik Raiden Shogun.

Penutup

sumber: Genshin Impact

Dengan diperkenalkannya artefak baru, senjata baru, dan juga Gorou sebagai karakter support Geo, hal ini seolah-olah menegaskan bahwa miHoYo masih memperhatikan karakter lama, seperti Albedo. Kekuatan Albedo saat sebelum dan sesudah versi 2.3 langsung melonjak drastis.

Dengan artefak baru lainnya, yaitu Ocean-Hued Clam, miHoYo juga memberikan buff secara tidak langsung kepada beberapa karakter healer, seperti Kokomi, Barbara, atau Qiqi. Hal ini akan membuka cabang baru dalam membangun sebuah komposisi tim yang berbeda dari sebelumnya.