Categories

Gadget

Buka Dua Gerai, MSI Tunjukkan Keseriusan Pengembangan Ekosistem Gaming di Indonesia

MSI ingin menjangkau lebih banyak gamer nusantara, juga mengajak mereka menjajal produk-produk high-end.

Yoga Wisesa - 12 November 2015

Mengambil eksekusi tepat di momentum tepat, hal ini mungkin yang membuat MSI sebesar sekarang. Ia lebih muda dibanding brand gaming milik kompetitor, namun MSI hanya memerlukan waktu singkat untuk menyusul beberapa nama bereputasi di pasar. Fenomena ini terjadi pula di Indonesia, padahal produsen PC dan komponen dari Taiwan itu belum memiliki outlet resmi.

Kira-kira apa dampaknya jika MSI membuka gerai di nusantara? Jawabannya mungkin dapat kita lihat tidak lama lagi. Pada tanggal 11 November 2015, mereka melangsungkan grand opening dua toko MSI di Jakarta, dilaksanakan di Ratu Plaza. Motivasi MSI sederhana: demi menunjukkan determinasi pengembangan ekosistem gaming lokal. Sebenarnya pintu MSI Store sudah terbuka lewat soft launching di Mangga Dua tiga bulan silam, tapi di acara inilah 'pendaratan' baru dibilang formal. Itu berarti, mereka melihat peluang besar menanti untuk diungkap.

Target jangka pendek MSI adalah demi menjangkau lebih banyak gamer, dengan memudahkan mereka menjajal langsung produk-produk notebook gaming high-end. Sekali lagi MSI menegaskan bahwa dalam perancangan perangkat kelas antusias, berpacu menambatkan spesifikasi setinggi mungkin akan timpang tanpa dukungan fitur-fitur yang memadai. Secara konsisten, sang produsen terus menyeimbangkan kedua faktor tersebut.

Potensi bisnis memang terlihat prospektif, namun MSI tidak mau cuma sekedar berjualan. Mereka ingin memperluas fungsi MSI Store sebagai medium gamer berbagi pengalaman, wadah berkumpulnya komunitas, hingga menjadi lokasi turnamen gaming. Berbicara tentang komunitas fans, MSI sudah cukup lama berupaya menghimpun Dragon Army Indonesia, seperti yang telah mereka lakukan di negara-negara lain.

Sejumlah aspirasi di atas sangat menarik, dan saya berkesempatan berbincang-bincang dengan regional marketing manager Green Lin untuk mendapatkan penjelasan serta pemahaman lebih detail. Khususnya di Indonesia saat ini, persepsi terhadap video game mulai beralih, dan masyarakat pelan-pelan menyadari manfaat positif dari hobi jutaan jiwa tersebut. Dua tren kini memperoleh sorotan: ranah developer dan esport. Mana yang akan MSI manfaatkan?

Menariknya, MSI melihat ekosistem gaming secara keseluruhan. Green Lin menerangkan, timnya berusaha menggapai semua aspek. Esport hanyalah untuk judul-judul kompetitif, sedangkan pemicu evolusi teknologi berada pada permainan-permainan blockbuster yang menuntut grafis. Dan tak cuma konten, kolaborasi bersama publisher sangat krusial. Selain Blizzard, mereka turut menggaet Square Enix, Wargaming.net dan publisher lokal semisal Qeon, Lyto dan WaveGame.

Saya bertanya, dari perspektif MSI, seperti apa karakteristik serta tingkat kedewasaan konsumen, industri, serta pasar gaming lokal?

"Menurut saya Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan komunitas esport tertinggi di dunia. Anda bisa melihat sendiri dari jumlah populasinya. Masyarakat mencurahkan waktunya buat menikmati permainan di genre berbeda," kata Green. "Ambil contohnya Dota 2, game tersebut begitu besar di Indonesia. Jika saya mengadakan turnamen di negara Asia Tenggara lain, mungkin hanya diikuti oleh 20 sampai 30 tim. Di sini, tak sulit menghimpun lebih dari 200 tim."

Di presentasinya, Green sempat menyebutkan bahwa dua MSI Store Indonesia ialah gerai notebook terbaik yang pernah mereka buka. Ada perbedaan antara 'terbaik' dan terbesar. Di MSI Store, perusahaan asal New Taipei City itu menawarkan bermacam-macam tipe produk, difokuskan untuk memperlihatkan fitur-fitur eksklusif andalan, serta menyuguhkan 'pengalaman gaming menyeluruh'.

MSI juga berencana buat mengadakan aktivitas gaming secara konstan, demi mendorong orang supaya terus datang. Strategi ini mengarah kembali pada usaha mereka memperkokoh komunitas. Dalam perjalanan ke sana, sosok Nixia sebagai brand ambassador sangat esensial bagi MSI. Kerja sama mereka telah berjalan selama tiga tahun, dan memberikan dampak positif yang begitu besar untuk kedua pihak.

Lagi-lagi Green menjelaskan, "Kami ingin merangkul lebih banyak gamer dari berbagai genre - contohnya MOBA, [first-personshooter, RPG, dan action. Langkah penting berikutnya adalah menjalankan program kooperasi dengan media, tim game, serta publisher."

Ada pemandangan unik menanti jika Anda pergi mengunjungi MSI Store Ratu Plaza. Di sisi kiri toko, MSI memamerkan deretan produk periferal bermerek MSI: keyboard mekanik, mouse gaming, mouse mat hingga headphone (mirip SteelSeries Siberia). Green menuturkan bahwa aksesori ini bukan untuk dijual, melainkan buat dibagikan pada momen spesial tertentu. "Anggap saja sebagai premium collector's edition," kata sang marketing manager itu.

Terhitung mulai tanggal 11 November kemarin, MSI Store menyajikan promo selama lima hari di seluruh Store. Tiap pembelian tipe GT atau GS akan dibundel bersama headset SteelSeries V2 Gaming MSI Edition. Kemudian khusus buat model GE60 2QD, disediakan upgrade RAM 8GB gratis plus mouse MSI. Dan ada Razer Krait gratis untuk transaksi varian GE lainnya.

Ini dia alamat lengkap MSI Store:

  • MSI Store Mangga Dua - Mangga Dua Mall, lantai 3 No. 8A, Jln. Gunung Sahari No. 1, Sawah Besar, Kota, Jakarta Pusat
  • MSI Store Ratu Plaza - Ratu Plaza Mall, lantai 3 No. 6, Jln. Jendral Sudirman Kav. 9, Jakarta

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter