Categories

Berita

BukaKamar Diperkenalkan ke Publik, Unggulkan Fitur "Last Minute Booking"

Target bermitra dengan 1000 kamar hotel sampai Januari 2019

Marsya Nabila - 19 October 2018

Aplikasi booking hotel BukaKamar memperkenalkan diri ke publik untuk pertama kalinya, meski secara produk belum siap menerima booking. Layanan ini hadir untuk mengakomodasi kebutuhan pelancong dan pelaku bisnis yang membutuhkan booking hotel secara langsung dan spontan.

CEO BukaKamar Boby Haryadi menuturkan, aplikasi baru resmi live di Google Play per hari ini (18/10). Namun pihaknya sengaja belum memasukkan inventaris kamar hotel ke dalam aplikasi demi menjamin kesiapan aplikasi dengan tampilan antarmuka yang lebih sempurna.

Secara kesepakatan bisnis, BukaKamar telah bermitra dengan 15 hotel yang tersebar di Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, Makassar, Palembang, Pekanbaru, dan Solo.

Untuk monetisasinya, perusahaan mengambil komisi dari setiap booking yang terjadi. Operasional BukaKamar masih dilakukan secara bootstrap. Tim terdiri dari enam orang, termasuk Boby sendiri.

"Hari ini untuk perkenalan dulu ke publik. Rencananya mulai Senin besok (22/10) kami mulai perlahan-lahan masukkan inventaris kamar hotel ke aplikasi," tuturnya.

Fitur unggulan BukaKamar

Untuk fitur unggulannya last minute booking, pengguna dapat memesan kamar dalam rentang waktu maksimal 14 hari sebelumnya. Diskon yang didapat pengguna dari fitur ini diklaim lebih rendah dari harga normal, sekitar 15%-25%.

Fitur lainnya yakni local rate. Dalam radius 5 km jangkauan pengguna, apabila melakukan booking kamar mereka akan dapat diskon tambahan 10%.

Seluruh fitur ini diharapkan dapat memberi nilai tambah bagi para pelancong dan pelaku bisnis untuk menggunakan BukaKamar. Apalagi di kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, lebih dari 60% rata-rata booking 1-5 hari sebelumnya.

"Jadi prinsipnya itu, lebih baik kasih diskon daripada okupansi hotel berkurang. Sebab di industri hospitality itu kamar kosong sama dengan rugi karena biaya lainnya kan tetap berjalan, seperti listrik, gaji karyawan, dan sebagainya."

Seluruh booking, sambungnya, hanya bisa dilakukan lewat aplikasi. Untuk situs desktop hanya bisa diakses mitra hotel untuk mengontrol manajemen kamar. Saat ini aplikasi BukaKamar baru tersedia di platform Android.

Ke depannya, BukaKamar ditargetkan dapat menjaring 1000 kamar dari mitra hotel. Diharapkan target tersebut dapat terealisasi paling lambat pada Januari 2019.

Boby mengungkapkan, target tersebut akan dicapai dengan menggaet jaringan hotel yang sudah memiliki banyak cabang dan kamar di seluruh Indonesia. Dengan cara itu, dapat dengan singkat BukaKamar dapat mengakuisisi kamar dalam waktu singkat.

"Semakin banyak kamar hotel yang bisa kami akuisisi tentunya akan semakin baik buat pengguna karena mereka bisa memiliki banyak pilihan," pungkasnya.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter