Bukalapak dan Lion Parcel Hadirkan Solusi Logistik Bagi UKM (UPDATED)

Bukalapak dan Lion Parcel Hadirkan Solusi Logistik Bagi UKM (UPDATED)

Kerja sama ini pengguna Bukalapak memiliki jalur khusus di armada Lion Air Group untuk mempercepat pengiriman
Setelah kerja sama ini, pengguna Bukalapak memiliki jalur khusus di armada Lion Air Group untuk mempercepat pengiriman
Setelah kerja sama ini, pengguna Bukalapak memiliki jalur khusus di armada Lion Air Group untuk mempercepat pengiriman

Bukalapak dan Lion Parcel mengumumkan kerja sama menyelesaikan masalah pengiriman barang antar pulau bagi UKM Indonesia. Kerja sama ini menghadirkan jalur khusus bagi pelapak yang didukung oleh armada Lion Air Group melalui Lion Parcel. Kerja sama ini juga dipercaya mampu memajukan daya saing pelapak karena terciptanya sistem pengiriman yang cepat dan efisien untuk ke lebih 500 kota di Indonesia.

“Sebagai peruahaan yang customer-obsessed, kami fokus untuk selalu mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi pengguna kami, terutama para pelapak. Kami memilih untuk bersinergi dengan Lion Parcel yang memiliki 230 armada pesawat dan 210 rute penerbangan antar pulai di Indonesia,” ujar Co-Founder dan President Bukalapak Fajrin Rasyid ketika menjelaskan alasan di balik kerja sama ini.

Dalam rilisnya, pihak Bukalapak mengutip data hasil penelitian Supply Chain Indonesia (SCI) yang dilansir PwC yang menyebutkan bahwa pada tahun 2017 biaya logistik di Indonesia masih tergolong tinggi hingga mencapai 23,5% dari biaya manufaktur. Angka tersebut masih cukup tinggi jika dibandingkan dengan negara ASEAN lain seperti Vietnam (15%), Thailand (13,2%), Malaysia (13%), dan Singapura (8,1%).

Menanggapi kerja sama ini, CEO Lion Parcel Farian Kirana menjelaskan, pihaknya akan lebih terkoneksi dengan jaringan pelanggan di berbagai daerah di Indonesia berkat kerja sama dengan perusahaan e-commerce seperti Bukalapak.

Ia juga menambahkan, pihaknya optimis untuk bisa mengambi peran penting dalam penyediaan jasa logistik bagi UKM dan menjangkau banyak daerah di Indonesia. Beberapa fitur yang telah disiapkan antara lain, jaminan pengiriman lebih cepat 2 kali lipat dibandingkan jasa pengiriman lain.

Seluruh mitra Lion Parcel di daerah dipantau secara real time melalui sistem yang tersentralisasi di Jakarta, sehingga dengan demikian para mitra Lion Parcel turut berbagi komitmen dan tanggung jawab yang sama di manapun berada.

“Dengan terhubung ke fasilitas pengantaran barang Lion Parcel, para pelanggan kami termasuk jutaan pelapak di Bukalapak, dapat menjaga kelangsungan bisnisnya melalui hal-hal seperti perputaran modal yang lebih cepat dan kepercayaan yang tinggi dari para pembeli,” imbuh Farian.

Awal kerja sama ini ditandai dengan perkenalan armada pesawat Lion Parcel berlogo Bukalapak di badan pesawat yang bertempat di hanggar Batam Aero Technic. Pengguna Bukalapak juga akan menerima sejumlah promo dan penawaran menarik seputar ongkos kirim.

Dengan kerja sama ini, Bukalapak memosisikan dirinya sebagai perusahaan teknologi yang memiliki concern di sektor logistik. Perusahaan yang baru menerima pendanaan Seri F ini juga memiliki jabatan AVP Logistics yang diisi oleh Anudeep Pendem.

Anudeep kepada DailySocial menjelaskan bahwa fokus mereka saat ini adalah untuk membangun kerja sama dengan para penyedia jasa logistik terpercaya di Indonesia untuk bisa mengubungkan pelapak dengan pembeli.

“Untuk inovasi, Bukalapak menangani logistik untuk jutaan transaksi tanpa memiliki aset ataupun sistem kurir sendiri. Kami menggunakan big data untuk membantu kami memilih mitra-mitra logistik yang tepat untuk mengantarkan pengiriman ke barbagai area di Indonesia, termasuk yang terpencil dan relatif sulit dijangkau, dan memanfaatkan teknologi untuk memonitor semua pengiriman demi menjunjung transparansi untuk para pengguna,” terangnya

Ia menambahkan, “Customer obsessed adalah salah satu DNS Bukalapak dan divisi logistik berkomitmen untuk memastikan para pengguna menerima barang dengan baik, aman, dan dengan harga terjangkau serta menciptakan user experience terbaik.”

Sebelumnya, Bukalapak memiliki layanan BukaPengiriman yang menggandeng beberapa mitra logistik. Bukalapak juga telah menjalin kerja sama dengan Paxel untuk menghadirkan pengiriman same day delivery antar kota antar provinsi.

Update : tambahan tanggapan dari Anudeep Pendem.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…