Bukan Cuma Waktu, Jam Dinding Pintar Ini Bisa Tampilkan Update Jejaring Sosial

Di tahun 2015 ini, jam tangan sudah beralih fungsi menjadi komputer mini berkat kehadiran smartwatch. Bagaimana dengan jam dinding? Apakah perangkat ini ditakdirkan untuk terus menjadi ‘bodoh’ begitu saja?

Salah satu aspek menarik dari smartwatch adalah tampilan penunjuk waktunya yang bisa kita gonta-ganti. Kemudian ada yang bertanya, “Apakah ini mustahil diterapkan pada jam dinding?”

“Tidak,” jawab Coolest Clock, jam dinding pintar yang kini tengah mengumpulkan dana di Indiegogo. Seperti smartwatch, jam dinding ini juga bisa Anda ubah tampilan penunjuk waktunya.

Hal itu dimungkinkan karena sebenarnya Coolest Clock bukanlah sebuah jam dinding, melainkan sebuah proyektor yang Anda pasangkan di tembok. Ia lalu akan memproyeksikan waktu dan informasi lainnya, memanfaatkan jaringan Wi-Fi untuk mengambil data dari internet.

Info menarik: Switchmate, Sakelar Pintar yang Bisa Dikendalikan via Smartphone

Sebagai sebuah proyektor, secara teori tampilan yang bisa diproyeksikan Coolest Clock tidak terbatas. Dari segi teknis, ia bisa menampilkan gambar dengan ukuran 60 inci dan resolusi 854x480. Tingkat keterangannya 9 lumen, sedangkan rasio kontrasnya 100:1.

Kombinasi wujudnya yang minimalis dan variasi tampilannya membuat Coolest Clock ideal ditempatkan di bermacam ruangan. Secara default, ia menawarkan sejumlah preset tampilan yang disesuaikan dengan suasana tiap-tiap ruangan, mulai dari ruang tamu, dapur hingga kamar mandi.

Informasi yang bisa ditampilkan mencakup ramalan cuaca, update dari Facebook maupun Twitter, agenda ke depan, foto, headline berita, lokasi anggota keluarga – berguna untuk memonitor lokasi pasangan yang suka keluyuran – dan lain sebagainya.

Info menarik: Wi-Charge Adalah Wireless Charger Berbasis Infra Merah yang Tak Memerlukan Kontak Fisik

Tentunya tidak semua informasi di atas harus ditampilkan. Anda bisa mengaturnya melalui aplikasi pendampingnya di iOS – versi Android-nya menyusul. Lewat aplikasi ini juga Anda akan memilih variasi desain tampilannya, serta mengatur ukuran dan tingkat kecerahan proyeksinya.

Coolest Clock tidak menggunakan baterai, melainkan langsung ke colokan listrik. Pun begitu, ia juga menawarkan fitur energy saver, dimana ia hanya akan memproyeksikan konten ketika sang pemilik – dengan smartphone yang terhubung via Bluetooth LE – sedang berada di dekatnya.

Kampanye jam dinding pintar ini sudah jauh melampaui target awalnya. Pledgeearly bird-nya masih tersisa di angka $189 (± Rp 2,5 juta) dan sudah termasuk biaya pengiriman internasional. Harga ritelnya diprediksi berkisar $299 (± Rp 3,9 juta).

Sumber: Indiegogo via Digital Trends.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again