1 October 2014

by Yoga Wisesa

Bukan Gurita Atau Spesies Baru, Ini Adalah Robot Ciptaan Tim Peneliti Yunani

Gurita memiliki tingkat kecerdasan jauh lebih tinggi dibanding hewan tak bertulang belakang lain. Hewan ini mampu belajar serta bermain ketika mereka menginginkannya. Satu hal yang membuat para ilmuwan terpesona ialah cara gurita bergerak. Dan tim peneliti Yunani akhirnya terinspirasi untuk membuat robot menyerupai hewan berlengan delapan tersebut.

Tahukah Anda, jika merasa terancam gurita dapat melesat hingga kecepatan 40 kilometer per jam. Sangat cepat untuk pergerakan di dalam air. Para ilmuwan Foundation for Research and Technology - Hellas berhasil menciptakan versi robot hewan ini. Hasilnya mereka pamerkan dalam konferensi internasional IEEE dan menjadi finalis dalam dua kategori berbeda pada ajang di kota Chicago itu.

Bentuk robot ini merupakan perpaduan antara kepala roket dan badan bawah gurita dengan panjang 36 sentimeter, termasuk tentakel sebagai instrumen pendorong. Di tiap tentakel, tim menambahkan selaput lembut bermaterial silikon agar gerakan dua kali lipat lebih efisien. Awalnya sang robot dapat bergerak 10 sentimeter per detik, tapi rancangan terakhirnya memungkinkan ia melesat 18 sentimeter per detik.

Robot gurita hasil karya Dimitris Tsakiris dan kawan-kawan itu tak hanya mampu berenang, tapi bisa membawa objek seperti bola. Yang mengagumkan, dalam proses uji coba, bentuk dan gerakan natural sang robot membuat spesies lain mengira ia adalah bagian dari ekosistem laut. Ketika berenang, banyak ikan-ikan kecil lain mengikutinya.

 

Info menarik: Robot Karet Ini Bisa Tetap Hidup Bahkan Setelah Digilas dan Dibakar

 

Melalui tes, para ilmuwan mengusulkan bahwa hasil karya mereka ini dapat menjadi platform sempurna untuk penelitian bawah laut tanpa 'mengganggu' kegiatan spesies lain - asalkan objek riset mereka bukanlah makanan atau pemangsa makhluk cephalopod tersebut. Silakan saksikan bagaimana sang robot gurita beraksi dalam video di bawah.

"Eksperimen bawah air [robot ini] mendemonstrasikan metode propulsi baru dengan mengkombinasi gerakan lengan dan selaput," tulis para peneliti dalam makalah berjudul Multi-arm Robotic Swimming With Octopus-Inspired Compliant Web. Dengan menambahkan satu bagian sederhana, mereka dapat mendongkrak tingkat efisiensi dorongan, membuatnya lebih hemat tenaga.

Tim Foundation for Research and Technology - Hellas mulai mengembangkan rancangan robot gurita sejak bulan Mei tahun lalu dalam ajang yang sama dan baru sekarang ia dapat hadir sempurna. Pertanyaan: mana yang menurut Anda paling canggih, robot origamicheetah, atau robot gurita?

Sumber: IEEE.org. Via Daily Mail.