Categories

Gadget

Bukan Sembarang Headset Bluetooth, Here One Dapat Memanipulasi Suara di Sekitar Secara Real-Time

Selagi mendengarkan alunan musik, pengguna juga tetap bisa mendengar suara-suara yang ada di sekitarnya

Glenn Kaonang - 29 June 2016

Tahun lalu, sekumpulan ahli audio engineering yang menamai dirinya Doppler Labs memperkenalkan konsep unik bertajuk augmented hearing. Di balik kompleksitas teknisnya, premis yang ditawarkan sebenarnya cukup simpel, memungkinkan pengguna untuk memanipulasi suara di sekitarnya secara real-time.

Buah pemikiran mereka tersebut digodok hingga akhirnya menjadi suatu perangkat bernama Here Active yang sukses menjalani kampanye crowdfunding di Kickstarter. Setahun berselang, mereka sudah siap meluncurkan versi yang lebih sempurna sekaligus lebih canggih.

Bernama Here One, perangkat ini masih mempertahankan segala kelebihan yang ditawarkan Here Active. Utamanya adalah fitur manipulasi suara itu tadi, yang kini semakin dipoles berdasarkan masukan dari banyak pengguna.

Here One datang bersama aplikasi pendamping untuk membantu pengguna memanipulasi frekuensi suara di sekitarnya / Doppler Labs

Penyempurnaannya bisa digambarkan lewat skenario berikut: saat pengguna tengah berada di restoran, mereka dapat 'menghapus' frekuensi suara yang berasal dari dentingan gelas dan sendok-garpu, tetapi di saat yang sama mereka masih dapat mendengar suara dentingan gelas ketika bersulang di mejanya sendiri.

Menurut pengakuan Doppler Labs, penyempurnaan ini dimungkinkan berkat hardware baru yang mereka gunakan untuk Here One, mulai dari mikrofon bertipe directional sampai chip DSP (Digital Signal Processor) yang mempunyai kinerja lebih cepat.

Pembaruan lainnya akan terdengar lebih menarik untuk mayoritas konsumen: Here One juga merupakan sebuah headset Bluetooth. Yup, pengguna bisa menggunakannya untuk mendengarkan musik tanpa ada kabel yang menancap ke ponsel, melakukan panggilan telepon, sekaligus berinteraksi dengan Siri dan Google Now.

Akan tetapi yang lebih menarik adalah bagaimana Doppler Labs menerapkan teknologi "Layered Listening" pada Here One. Sederhananya, pengguna Here One bisa mendengarkan musik sekaligus awas terhadap suara di sekitarnya. Fitur ini sangat berguna buat pengguna yang kerap mendengarkan musik selagi bersepeda, dimana mereka bisa langsung ambil tindakan ketika mendengar klakson mobil di belakangnya.

Carrying case milik Here One juga berfungsi sebagai charger / Doppler Labs

Menutup semua itu adalah pembaruan pada aplikasi pendamping Here One, dimana pengguna akan menjalani semacam tes pendengaran sehingga perangkat bisa menentukan frekuensi mana yang perlu ditingkatkan, dan mana yang perlu diredam berdasarkan kondisi di sekitar.

Pre-order Here One saat ini sudah dibuka seharga $300, cuma selisih $50 dari pendahulunya. Ia tersedia dalam pilihan warna hitam atau putih.

Sumber: TechCrunch.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter