Gadget

Bukan Smartwatch, Boldr Voyage Lebih Nyaman Dipanggil Clever Watch

Kickstarter adalah rumah yang tepat bagi smartwatch. Mengapa? Karena salah satu pionir kategori produk ini, Pebble, juga lahir di situs crowdfunding tersebut. Maka dari itu, tidak heran apabila ada banyak pengembang smartwatch yang ingin mengikuti jejak kesuksesan Pebble di Kickstarter.

Salah satu smartwatch terbaru di Kickstarter datang dengan nama Boldr Voyage. Sedikit berbeda, Boldr Voyage lebih nyaman dipanggil "clever watch" ketimbang smartwatch. Hal ini dikarenakan ia dirancang sebagai sebuah jam tangan tradisional yang elegan, tapi di saat yang sama juga menyimpan sejumlah fitur pintar.

Memang benar, Boldr Voyage tidak kalah anggun dari jam tangan buatan pabrikan asal Swiss maupun Jepang. Dilihat dari luar, Anda pasti mengiranya sebagai jam tangan biasa. Case-nya dilapisi kaca anti-gores, sedangkan strap-nya terbuat dari bahan kulit yang premium. Terdapat 6 kombinasi warna strap dan case yang bisa dipilih, dan strap-nya pun bisa dilepas-pasang dengan mudah seperti mayoritas smartwatch lain.

Pada sisi kanannya, terdapat sebuah crown yang diapit oleh sepasang tombol. Tak ada layar digital sama sekali, semuanya analog di sini. Boldr Voyage ditenagai oleh mekanisme pergerakan Quartz yang menerima suplai daya dari baterai kancing standar, yang bisa bertahan hingga 3 tahun lamanya. Ia tahan air, dan siap Anda ajak menyelam hingga kedalaman 30 meter.

Info menarik: Mondaine Helvetica 1 Smart, Smartwatch Stylish yang Dijual Amat Terbatas

Di balik wajah tradisionalnya tersebut, Boldr Voyage menyimpan accelerometer 3D dan pedometer, memungkinkannya untuk menghitung setiap langkah kaki yang Anda tapakkan. Ia dapat menyimpan data aktivitas pengguna selama 7 hari, namun tersedia pula fitur sinkronisasi ke smartphonevia Bluetooth 4.0.

Target harian bisa Anda tetapkan via aplikasi pendampingnya yang akan tersedia di Android dan iOS. Seiring berjalannya aktivitas Anda, lampu LED pada masing-masing angka di wajah Boldr Voyage akan menyala, mengindikasikan kemajuan progress setiap 10 persen. Lucunya, target Anda tidak berhenti di angka 100 persen, melainkan 110 persen. Boldr Voyage ingin Anda membiasakan diri melampaui target yang sudah ditentukan setiap harinya.

Selain memonitor aktivitas fisik, Boldr Voyage juga akan bergetar dan simbol panah pada angka 12-nya juga akan menyala setiap kali ada notifikasi yang masuk ke smartphone. Ia pun juga akan melakukan hal yang sama setiap kali Anda berada terlalu jauh dari smartphone Anda. Terakhir, ia juga bisa difungsikan sebagai remote shutter, sehingga Anda dapat mengoperasikan kamera smartphone dari kejauhan.

Info menarik: Ada “Penampakan” Smartwatch Baru di Pengumuman Galaxy Note 5

Semua modul yang memungkinkan fitur-fitur pintar ini ditenagai oleh baterai kancing berdaya tahan 6 bulan. Yup, Boldr Voyage tidak akan memaksa Anda mengisi ulang baterai setiap beberapa hari sekali seperti kebanyakan smartwatch lain. Mengganti baterainya pun mudah; cukup sediakan uang koin, selipkan ke penutup baterainya di belakang, lalu putar untuk membukanya.

Boldr Voyage saat ini masih dalam tahap pengumpulan dana. Anda bisa melakukan pemesanan di Kickstarter seharga $129, lebih murah $50 dari harga retail-nya. Setiap unit Boldr Voyage disertai garansi selama satu tahun.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter