7 September 2017

by Bambang Winarso

Bukukan Penjualan yang Impresif, Huawei Rebut Tahta Apple

Samsung masih jadi yang pertama, namun Huawei terus mencatatkan prestasi mengesankan

Laju impresif Huawei di pasar lokal Tiongkok berlanjut ke pasar global. Data terakhir dari perusahaan riset Counterpoint Market menunjukkan bahwa Huawei sukses melampaui Apple sebagai produsen smartphone terbesar kedua di dunia selama dua bulan terakhir, Juni dan Juli 2017. Dengan angka penjualan di bulan Agustus yang juga menjanjikan, Huawei berpeluang besar mencetak hat-trick kendati belum mampu lepas dari bayang-bayang Samsung yang kokoh di puncak.

Ini adalah kali pertama bagi vendor asal Tiongkok tersebut berhasil melampaui Apple dalam hal penjualan smartphone secara global. Dalam beberapa tahun terakhir Huawei memang berkembang dengan sangat pesat di pasar lokal dan Eropa. Prestasi ini semakin mengesankan mengingat fakta bahwa mereka hanya memegang pasar minoritas di kawasan Amerika Serikat yang merupakan salah satu pasar smartphone terbesar di dunia.

Sebaliknya, bagi Apple ini merupakan sebuah pelecut semangat menjelang peluncuran iPhone generasi terbaru yang dijadwalkan digelar minggu depan. Berkaca pada hype yang kerap meroket saat iPhone baru diluncurkan, Apple punya peluang besar untuk merebut kembali tahta yang hilang.

Kekuatan Apple terletak pada loyalitas konsumen, dibuktikan hanya dengan dua atau empat model smartphone yang diluncurkan sepanjang tahun, mereka masih bisa menempatkan iPhone 7  sebagai smartphone terlaris di bulan Juli 2017 dengan persentase sebesar 4%, kemudian disusul oleh varian iPhone 7 Plus dengan 2,9%.

Sementara itu kekuatan utama Huawei terletak pada diversifikasi produk yang memungkinkan mereka menjual lebih banyak model smartphone untuk jenis pasar yang berbeda. Hal ini tergambar dari data Counterpoint yang tidak mendapati satupun smartphone merk Huawei di daftar smartphone terlaris di bulan Juli. Kendalanya, Huawei kesulitan untuk memperoleh loyalitas konsumen di antara sekian banyak portofolio yang mereka tawarkan. Kelemahan ini pula lah yang ditengarai menjadi biang melempemnya kiprah Huawei di pasar Amerika Serikat.

Di laporan yang sama diungkapkan serangkaian perangkat paling populer di bulan Juli, seperti model R11 dan A57 milik Oppo yang berhasil dengan baik menempati posisi ketiga dan keempat. Kemudian diikuti oleh Samsung Galaxy S8, Xiaomi Redmi Note 4X, Galaxy S8 Plus, dan iPhone 6. Smartphone murah Samsung Galaxy J7 Prime dan Galaxy A5 (2017) menyempurnakan daftar 10 besar.