Categories

Interview

Bulp Hadirkan Layanan “Surat Pembaca” Digital

Kerja sama dengan perusahaan memungkinkan aspirasi pengguna mendapatkan tanggapan langsung

Randi Eka - 15 December 2015

Berawal dari keresahan sang co-founder akan sulitnya menyampaikan keluhan dan saran kepada sebuah layanan publik dari perusahaan, inisiasi untuk mengembangkan aplikasi ala “Surat Pembaca” di koran direalisasikan. Bulp merupakan sebuah layanan berplatform website dan mobile apps yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan pujian, keluhan, saran dan permintaan kepada sebuah perusahaan.

Layanan Bulp dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Setiap pengguna dapat menuliskan aspirasinya secara bebas, akan tetapi setiap aspirasi yang diserukan akan dimoderasi oleh administrator layanan untuk memastikan tulisan jelas, detil, dan santun. Aspirasi yang sudah lolos proses moderasi akan ditampilkan pada aplikasi dan langsung diteruskan kepada perusahaan penyedia layanan yang dikeluhkan oleh pelanggan.

Menariknya dari setiap aspirasi yang telah lolos proses moderasi, pengguna akan mendapatkan sebuah poin. Poin tersebut nantinya dapat ditukarkan dengan hadiah yang disediakan oleh Bulp. Saat ini untuk aplikasi Bulp baru tersedia di platform Android. Dalam waktu dekat akan segera dirilis aplikasi untuk platform iOS.

Dalam layanan Bulp terdapat dua kanal utama, yakni Trending dan Rank. Trending berisi berbagai aspirasi yang mendapatkan dukungan paling banyak. Di setiap aspirasi yang dimasukkan akan terdapat sebuah tombol “Me Too!”, yang dapat digunakan pengguna lain untuk menyalurkan aspirasi yang sama. Sedangkan di kanal Rank akan ditampilkan urutan perusahaan yang mendapatkan berbagai jenis masukan, dapat disaring berdasarkan kategori tertentu.

Aplikasi Bulp Android

Startup Bulp sendiri sudah terbentuk sejak Januari lalu. Pada bulan Mei Bulp mendapatkan funding dari angel investor untuk mematangkan layanan online yang dirancang. Hingga pada 29 September lalu Bulp diresmikan dan dapat digunakan oleh masyarakat. Saat ini tercatat sudah terdapat 6.000 pengguna aplikasi, dan berhasil menampung lebih dari 15.000 masukan untuk perusahaan.

Proses bisnis dari layanan Bulp sendiri terletak pada kerja sama dengan para perusahaan. Sebuah dashboard khusus yang berisi seluruh masukan dari pelanggan disertai analisis akan ditampilkan. Selain itu perusahaan yang telah bergabung menjadi mitra Bulp juga dimungkinkan untuk langsung membalas masukan yang diberikan pelanggan melalui layanan Bulp.

Co-Founder dan Chief Marketing Bulp Hardwi Satrio Pinandityo mengatakan:

“Kami inginnya fair, tidak hanya keluhan saja yang kami tampung, namun pujian dan masukan juga perlu diketahui perusahaan. Dengan adanya masukan langsung dari pelanggan, diyakini akan menjadi insight baik untuk improvisasi bisnis.”

Startup Bulp terdiri dari 11 orang anggota tim, dan di dalamnya terdapat 5 orang co-founder. Ketika ditanya target pencapaian dalam waktu dekat, Bulp ingin fokus pada peluncuran aplikasi di platform iOS, pengembangan kualitas layanan, dan meningkatkan kapasitas pengguna.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter