1. DScovery

Business Plan: Pengertian, Contoh, Jenis, dan Cara Membuatnya

Perencanaan bisnis yang matang juga bisa menjadi strategi agar produk lebih laku di pasaran

Business plan merupakan salah satu cara agar bisnis kamu bisa berhasil. sangat penting bagimu untuk mengenal rencana bisnis demi mengembangkan usahamu. Hal ini sebab wirausahawan harus memiliki konsep atas usaha yang akan dijalani.

Tanpa perencanaan bisnis yang matang, kamu tidak akan tahu arah dan tujuan suatu usaha yang sedang kamu jalani. Suksesnya seorang wirausahawan atau pemilik sebuah usaha bisnis sangat berkaitan dengan ide atau gagasannya yang matang.

Pengertian Business Plan

Business plan adalah dokumen yang menggambarkan sifat bisnis. Dokumen ini harus mencakup strategi penjualan dan pemasaran yang terperinci, posisi keuangan, serta pendapatan dan pengeluaran selama menjalankan bisnis.

Tujuan dari dokumen ini adalah untuk menetapkan apa yang ingin dicapai perusahaan dan bagaimana mencapai tujuan tersebut dengan benar. Sebuah rencana bisnis juga memberikan panduan tentang bagaimana sebuah perusahaan dapat merespon berbagai masalah dan tantangan yang mungkin muncul di masa depan. Oleh karena itu, penyusunan dokumen ini tidak bisa terburu-buru dan harus dilakukan dengan hati-hati.

Dari uraian di atas, secara sederhana dapat disimpulkan bahwa rencana bisnis adalah dokumen yang menguraikan bagaimana bisnis harus terstruktur, termasuk tujuan yang ingin dicapai dan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Sederhananya, dokumen ini bisa menjadi kompas atau arah bagaimana perusahaan kamu bisa berkembang.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah upaya pemilik bisnis untuk memasarkan dan mengenalkan suatu produk baik barang atau jasa kepada target pasar atau masyarakat.

Kondisi Keuangan Bisnis

Kondisi bisnis adalah keadaan bisnis terkini ketika dokumen business plan dibuat. Apakah kondisi bisnis sedang bagus atau tidak bisa dijelaskan secara mendetail.

Detail Penjualan

Detail penjualan adalah informasi mengenai seberapa besar penjualan atau keuntungan bisnis selama beberapa bulan terakhir. Detail penjualan bisa digunakan sebagai alat untuk memprediksi kondisi pasar.

Informasi Penting Lainnya

Informasi penting lainnya berhubungan dengan informasi di dalam bisnis yang dianggap penting untuk melengkapi dokumen business plan.

Jenis Business Plan

Business plan juga memiliki berbagai jenis sesuai dengan tujuannya. Jenis business plan dibagi menjadi lima, yaitu:

Operations Business Plan

Operation Business plan adalah rencana bisnis yang disiapkan khusus untuk operasi internal perusahaan. Jenis rencana bisnis ini biasanya mencakup tanggung jawab setiap karyawan perusahaan.

Ini kemudian mencakup pedoman untuk melakukan kegiatan operasional, termasuk tenggat waktu yang ditentukan perusahaan. Dengan cara ini, karyawan dapat bekerja dengan lebih jelas tujuan dan perusahaan dapat lebih mudah mencapai tujuannya.

Development Business Plan

Development business plan yaitu penjelasan secara lengkap dan rinci mengenai sebuah bisnis yang dibuat. Pada dokumen business plan jenis ini, biasanya berisikan susunan organisasi perusahaan, administrasi perusahaan, serta job desk setiap karyawan.

Strategic Business Plan

More Coverage:

STrategic business plan adalah jenis rencana bisnis kompleks yang merinci strategi perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Dokumen rencana bisnis jenis ini biasanya memuat beberapa elemen kunci, seperti visi dan misi, strategi perusahaan untuk mencapai tujuannya, timeline implementasi setiap strategi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan strategi perusahaan.

Cara Membuat Business Plan yang Bagus

Membuat business plan tidak bisa sembarangan karena akan berpengaruh kepada bagaimana kemampuan sebuah perusahaan atau bisnis dalam mencapai tujuan perusahaan tersebut. Maka dari itu, untuk menyusun sebuah business plan yang bagus diperlukan beberapa cara di bawah ini:

  • Lakukan analisis mengenai kompetitor dan riset pasar sebelum menyusun business plan.
  • Menentukan tujuan bisnis atau perusahaan dengan jelas.
  • Memetakan target pembaca dokumen business plan tersebut.
  • Selalu mencari referensi mengenai setiap komponen yang dituliskan dalam dokumen business plan. Kamu bisa mencari contoh business plan di internet dan membacanya dengan seksama sebagai referensi.
  • Menjelaskan semua komponen business plan dengan runtut, jelas, realistis, dan merinci.

Business plan adalah media bagi perusahaan untuk bisa mencapai semua target dan tujuan perusahaan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Jika target perusahaan bisa dicapai dengan baik dan sesuai, maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again