Hampir semua kamera baru, baik mirrorless maupun DSLR, dilengkapi Wi-Fi agar dapat dikendalikan dari jauh secara wireless. Namun tentu fitur ini tidak bisa dijadikan satu-satunya alasan untuk mengganti kamera lama kita. Kamera-kamera yang masih sangat kapabel, semisal Canon 5D Mark II, tak perlu dipensiunkan hanya karena Wi-Fi absen darinya, sebab problem ini bisa ditangani cukup dengan bantuan aksesori adaptor Wi-Fi.

Salah satu adaptor yang cukup populer adalah CamRanger. Produk tersebut dirilis di tahun 2012, dan fungsinya adalah menciptakan jaringan Wi-Fi agar kamera bisa berkomunikasi dengan smartphone atau tablet. Pengembangnya kini tengah menyiapkan dua penerusnya sekaligus: CamRanger 2 untuk tahun depan dan CamRanger Mini yang sudah tersedia sekarang juga.

CamRanger Mini ini sangat menarik karena dimensinya jauh lebih ringkas ketimbang CamRanger lawas. Kendati demikian, cakupan Wi-Fi yang diciptakannya malah lebih luas, tepatnya hingga 120 meter. Apapun kebutuhan Anda, fotografi makro, alam liar, dan lain sebagainya, pasti akan diuntungkan oleh jangkauan yang lebih luas ini.

CamRanger Mini app

Cara kerjanya masih sama, yakni mengandalkan sambungan kabel USB ke kamera, kemudian pengguna tinggal mengoperasikan kamera dari aplikasi di perangkat Android maupun iOS. Dari aplikasinya ini mereka tidak sebatas bisa menjepret foto saja, tapi juga mengatur parameter seperti shutter speed, aperture, ISO, dan masih banyak lagi.

CamRanger Mini kompatibel dengan beragam model kamera Canon maupun Nikon, tapi kalau kamera yang Anda pakai bermerek Sony atau Fujifilm, Anda harus menunggu CamRanger 2 dirilis tahun depan. Dengan banderol $200, CamRanger Mini memang tergolong mahal, akan tetapi fitur yang ditawarkannya memang jauh lebih komplet ketimbang bawaan kamera pada umumnya.

Sumber: DPReview.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.