Canalys: Pasar Komputer Personal Akan Capai Setengah Miliar Unit pada Tahun 2013

Canalys: Pasar Komputer Personal Akan Capai Setengah Miliar Unit pada Tahun 2013

PC Laptop Tablet - cover
PC Laptop Tablet - cover

Lembaga analisis pasar Canalys baru-baru ini merilis laporan mengenai perkembangan pasar komputer personal selama 2013 dan prediksinya hingga 2017. Dalam laporan tersebut, Canalys memperkirakan bahwa tidak kurang dari setengah milyar unit komputer personal akan terjual hingga akhir tahun 2013 nanti.

Sebelum kita bahas lebih lanjut, perlu diingat bahwa definisi Canalys mengenai “komputer personal” sedikit berbeda dari lembaga analisis lain yang juga sering kami ulas di Trenologi yakni IDC. Pada analisis IDC, terminologi “komputer personal” digunakan untuk mendeskripsikan produk-produk komputer portabel (notebook) dan komputer meja (desktop). Sementara, pada analisis Canalys, komputer personal juga mencakup tidak hanya notebook dan desktop tetapi juga tablet.

Pada kuartal pertama 2013 lalu, pasar desktop mengalami penurunan sebesar 10,3% dan pasar notebook mengalami penurunan sebesar 13,1%. Kontras dengan kedua kategori tadi, pasar tablet justru mengalami peningkatan pangsa pasar hingga 106,1%. Sebanyak 41,9 juta unit tablet diperkirakan telah terjual selama kuartal pertama 2013 saja. Diprediksi, pada akhir 2013 sebanyak 105 juta unit desktop, 205,6 juta unit notebook dan 182 ,5 juta unit tablet akan terjual. Detil estimasi penjualan komputer personal pada 2013 dan 2017 dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Dengan melihat penjualan per kategori tadi, dapat dilihat bahwa sebenarnya laporan Canalys ini cukup senada dengan laporan terakhir dari IDC yang menyatakan bahwa penjualan tablet akan melewati penjualan notebook pada akhir tahun ini. Meskipun, estimasi Canalys masih menempatkan penjualan notebook di atas penjualan tablet, perlu diingat bahwa selisih angka yang hanya 23,1 juta antara angka penjualan notebook dan tablet merupakan selisih yang cukup tipis jika kita pertimbangkan kemungkinan margin error dari analisis-analisis semacam ini.

Analisis lengkap dari Canalys bisa dilihat di tautan ini.

 

[gambar via]

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Business
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…