13 July 2021

by Lukman Azis

Canalys: Pasar PC Global Naik 13%, Lenovo Memimpin Pada Q2 2021

Pengiriman PC secara keseluruhan naik 13% dengan total pengiriman 82,3 juta unit

Meluasnya sistem bekerja dari rumah atau work from home (WFH) di masa pandemi membuat permintaan PC meningkat. Menurut laporan riset pasar terbaru dari Canalys, pasar PC secara global melanjutkan pertumbuhannya pada kuartal kedua tahun 2021.

Canalys mengatakan bahwa permintaan yang tetap tinggi ini terutama berkat segmen komersial yang masih kuat. Namun urgensi yang didorong oleh pandemi bagi konsumen untuk mendapatkan PC mulai berkurang. Selain itu, isu pasokan komponen tetap menjadi masalah bagi industri, tetapi tingkat kekurangan pesanan dan backlog telah berkurang.

Lebih lanjut, pengiriman PC secara keseluruhan yang mencakup perangkat all-in-one (AIO), tower, notebook, dan workstation, naik sebesar 13% YoY dengan total pengiriman sekitar 82,3 juta unit. Untuk notebook dan mobile workstation naik 15% YoY dengan pengiriman mencapai 66,7 juta unit, sedangkan untuk desktop dan desktop workstation naik sebesar 6% dengan pengiriman 15,6 juta unit.

Lenovo memimpin pada kuartal ini, mereka berhasil mengirimkan 20 juta unit, tumbuh 14,7% dan menguasai pangsa pasar sekitar 24,3%. HP berada di urutan kedua dengan pangsa pasar 22,6%, mengirimkan 18,6 juta unit, dan tumbuh 2,8% YoY.

Dell menempati posisi ketiga dengan pangsa pasar 17% dan mengirimkan 13,9 juta unit. Posisi berikutnya Apple dengan pangsa pasar 7,8%, lalu Acer dengan pangsa pasar 7,3%, dan OEM yang lain menyumbang sekitar 21% dari seluruh pangsa pasar dengan total 17,3 juta unit.

Penggunaan prosesor terbaru seperti Apple M1, Intel Core Tiger Lake, dan AMD Ryzen 5000 series juga menjadi salah satu faktor menguatnya penjualan PC. Belum lagi ditambah pembaruan sistem operasi terbaru seperti macOS dan Windows 11.

Sumber: GSMArena