Canalys: Sony di Posisi Tiga Pasar Smartphone Dunia

Canalys: Sony di Posisi Tiga Pasar Smartphone Dunia

sony-logo-phone_large_verge_medium_landscape
sony-logo-phone_large_verge_medium_landscape

Canalys merilis informasi tentang perkembangan pasar smartphone di dunia kuartal ketiga 2012. Seperti laporan-laporan lainnya, Samsung dan Apple mendominasi pangsa pasar ini dengan secara total menguasai hampir separuh peredaran smartphone di dunia. Yang mengejutkan, Sony yang telah bercerai dengan Ericsson awal tahun ini melompat drastis di posisi tiga setelah fokus dengan penjualan Android-nya.

Sony membukukan angka penjualan 8.8 juta unit atau 5.1% dari total pasar. Ini adalah kali pertama Sony masuk ke jajaran 10 besar dunia setelah terakhir melakukannya di akhir tahun 2006 — setahun sebelum iPhone diluncurkan. Selain itu, di kuartal ini Sony mulai kembali memperoleh profit setelah mengalami rugi yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Sony saat ini hanya memproduksi smartphone Android dengan seri Xperianya, dari segmen low-end hingga high-end. Yang terakhir, Sony menjadi sponsor resmi James Bond dengan Sony Xperia TL menjadi satu-satunya ikon ponsel di film terbaru Skyfall. Pasar terbesar Sony terletak di kawasan Asia Pasifik (termasuk Jepang) dan EMEA (Eropa, Timur Tengah dan Afrika).

Selain Sony, Canalys menempatkan HTC dan RIM sebagai pelengkap lima besar pembuat smartphone. Posisi berikutnya berturut-turut diikuti oleh vendor-vendor Asia yaitu LG, ZTE, Lenovo dan Huawei. Nokia yang tahun lalu masih menjadi raja smartphone dengan Symbiannya kini terlempar di urutan sepuluh — di mana konsumen masih menunggu-nunggu peluncuran Windows Phone 8.

Terakhir, Canalys juga menginformasikan bahwa Asia untuk pertama kalinya mendominasi penjualan smartphone, di mana 53% smartphone terjual di kawasan ini dengan Cina menjadi pendorong utamanya.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…