Categories

Gadget

Canggih dan Modular, Sistem Audio Ini Sangat Fleksibel

Glenn Kaonang - 29 June 2015

Kalau Anda mengikuti perkembangan industri audio, besar kemungkinan Anda mengenal nama Sonos. Sonos adalah sebuah pabrikan audio yang memopulerkan konsep multi-room, dimana Anda bisa mendirikan sebuah sistem hiburan aural dengan menempatkan sejumlah speaker di berbagai ruangan.

Konsep ini terbukti menarik, terutama jika melihat sejumlah pabrikan audio yang ikut meluncurkan produk serupa. Tidak ketinggalan pula sebuah startup asal Belanda yang memperkenalkan produknya lewat Indiegogo.

Produk tersebut bernama Kien, sebuah sistem audio yang diklaim paling fleksibel sedunia. Surround 2.1, surround 5.1, multi-room? Anda yang menentukan konfigurasinya dengan sistem audio unik ini.

Info menarik: B&O Play Beolit 15, Speaker Bluetooth Mewah Berwujud Kotak Makan Siang

Kien terdiri dari dua komponen: subwoofer berdaya 150 watt dan speaker 30 watt yang berukuran kecil-kecil. Keunggulan Kien ada pada kemudahan konfigurasinya. Anda bisa meletakkan unit speaker-nya di sudut-sudut ruangan menjadi konfigurasi surround 2.1 atau 5.1 tadi, atau Anda juga bisa mendempetkan semuanya menjadi sebuah soundbar, baik secara horizontal maupun vertikal.

Menariknya, saat Anda susun menjadi konfigurasi surround, Kien tidak perlu di-setup terlebih dahulu. Subwoofer-nya bisa mengenali di mana letak masing-masing speaker-nya. Pihak pengembangnya turut menyematkan fitur bernama Dynamic Sweetspot, yang diyakini bisa mengoptimalkan reproduksi suara berdasarkan posisi Anda di dalam ruangan.

Seperti yang saya sebutkan, Kien juga bisa diset menjadi sistem multi-room seperti Sonos. Sebuah fitur menarik turut hadir sebagai opsi, dimana musik akan ‘mengikuti’ ke mana Anda berpindah dari satu ruang ke ruang lainnya.

Fleksibilitas Kien tidak berhenti sampai di situ saja. Misalnya, ketika Kien sedang disusun menjadi sistem surround 5.1 di ruang tamu, Anda bisa mengambil satu unit speaker-nya, lalu membawanya ke ruangan lain dan menggunakannya layaknya speaker Bluetooth biasa.

Info menarik: Meski Terjangkau, Speaker Logitech X300 Suguhkan Performa Memuaskan

Soal konektivitas, Kien tidak mau setengah-setengah. Pada bagian belakang subwoofer-nya, Anda akan menjumpai port HDMI in dan out, input RCA dan S/PDIF. Sambungan nirkabelnya memanfaatkan Wi-Fi (AirPlay dan DLNA) dan Bluetooth 4.0. Unit speaker-nya turut dilengkapi NFC sehingga Anda bisa melakukan pairing hanya dengan menempelkan smartphone atau tablet.

Unit speaker Kien ini memang dirancang untuk dibawa-bawa, sehingga tim pengembangnya pun menanamkan baterai rechargeable berdaya tahan sekitar 12 jam. Saat baterainya habis, Anda hanya perlu menambatkannya ke sisi subwoofer, maka charging akan berjalan secara otomatis.

Kampanye Kien di Indiegogo saat ini sudah menembus target yang ditentukan. Kalau tertarik, Anda bisa memilih pledge $149 untuk satu unit speaker Kien, $299 untuk satu unit subwoofer, $599 untuk sistem 2.1 (1 sub + 2 speaker) atau $899 untuk sistem 5.1 (1 sub + 5 speaker).

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter